Manfaat Daun Semanggi Gunung untuk Kesehatan - Seputar Manfaat

Manfaat Daun Semanggi Gunung untuk Kesehatan

Daun semanggi merupakan salah satu jenis daun yang mudah di cari di semua wilayah indonesia. Anda bisa menemukan daun ini tempat yang banyak airnya, misalnya di sawah atau irigasi. Soalnya tanaman semanggi memang jenis paku air. Namun jangan ira, ternyata ada juga lho tnaman semanggi gunung.

Daun semanggi ini ternyata juga bisa diolah menjadi makananl. Misalnya yaitu di surabaya, daun ini dijadikan sebagai pecel semanggi. Dan selain enak, daun ini juga mengandung berbagai manfaat dan khasiat.

Manfaat Daun Semanggi

Daun semanggi mengandung kandungan isoflavon. Isoflavon merupakan zat yang mampu memproduksi hormon estrogen yang penting bagi kaum wanita. Selauin itu bisa juga untuk mencegah terjadinya osteoporosis pada tulang kita.

Semanggi merupakan sebua tanaman herbal yang kini makin disukai oleh banyak orang. Salah satu herbal yang sangat mujarab untuk mengatasi berbagai pebyakit adalah daun semanggi gunung.

Manfaat dari tanaman semanggi yaitu untuk mengatasi berbagai penyakit. Diantaranya yaitu menghilangkan bengkak, anti radang, anti biotik, pelancar air seni, penurun panas, penetralisir racun dan pelancar dahak. Khasiat daun semanggi gunung yang lain yaitu dalam mengatasi sakit kuning, sebagai penurun panas, sembuhkan darah tinggi, sesak nafas dan juga obat untuk yang tidurnya ngorok, dan untuk sakit gigi bisa dijadikan sebagai obat kumur.


Cara Membuat dan Mengolah Ramuan Daun Semanggi
Initinya, kalau menggunakan daun semanggi untuk berbagai obat caranya sama. Pertama kita menyiapkan daun semanggi gunung sebanyak 50 gram saja. Kemudian kita rebus ke dalam 3 gelas air putih. Kita biarkan mendidih dan tinggal tersisa sepertiganya saja. Ramuan tersebut dapat kita minum.

Add your comment