Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan dan Kecantikan - Seputar Manfaat

Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Daun Kemangi - Daun kemangi? Pasti bagi anda yang gemar dengan lalapan sudah tidak asing lagi. Selain itu kemangi juga menghasilkan rasa semriwing dan bau yang khas. Daun kemangi tumbuh tegak dan juga memiliki tinggi hingga 100 cm. Ia memiliki bentuk tanaman perdu. Warna dari daunnya yaitu hijau. Dan tahukah anda kalau manfaat daun kemangi adalah sangat banyak? Berikut ulasannya.


Kemangi bisa dijadikan sebagai bahan obat herbal. Ekstrak minyak dari daun kemangi memiliki sifat antioksidan dan antibakteri. Daun kemangi ini juga memiliki kandungan vitamin K. Selain itu ada juga beberapa kandungna lain seperti vitamin A, mangan, dan magnesium. Vitamin K ini jugabisa kita temukan di berbagai sayuran berdaun hijau seperti bayam, kubis, kembang kol, dan kangkung.

Daun kemangi mengandung flavonoid
Flavonoid polifenol yang terkandung dalam daun kemangi diantaranya yaitu orientin dan vicenin. Senyawa dapat membantu dalam perlindungan tubuh lipid radiasi oksidasi dalam hati tikus.

Bermanfaat dalam anti inflamasi
Daun kemangi juga memiliki kandungan minyak esensial (eugenol, sitronelol, linalool, citral, limonene dan terpineol). Senyawa-senyawa tersebut telah diketahu dapat berperan sebagai anti inflamasi dan anti bakteri.

Bermanfaat dalam menyokong nutrisi dalam tubuh
Daun kemangi didalamnya juga mengandung banyak kandungan nutrisi. Diantaranya yaitu mineral, dan vitamin. Dan menariknya, daun dari tanaman kemangi ini rendah kalori dan juga tidak mengandung kolesterol.

Bermanfaat untuk melindungi tubuh dari serangan radikal bebas
Daun kemangi mengandung zat penting seperti beta karoten, vitamin A, cryptoxanthin, lutein dan zea xanthin yang sangat tinggi. Senyawa-senyawa tersebut memiliki peran dalam membantu dalam melindungi tubuh dari serangan radikal bebas yang diturunkan oksigen dan spesies oksigen reaktif (ROS) yang berperan dalam penuaan dan berbagai penyakit.

Daun kemangi bermanfaat dalam membantu proses menyaring sinar UV
Zat karotenoid flavonoid kuning, yang terkandung dalam daun kemangi yaitu Zea xanthin. Zat tersebut secara selektif mampu melakukan penyaringan terhadp sinar UV yang mengenai kulit kita.

Daun kemangi menyokong vitamin A 
Vitamin A memiliki peran dalam tubuh sebagai anti oksidan. Ia dapat membantu dalam perlindungan tubuh dari serangan kanker seperti kanker paru-paru.

Membantu mencegah timbulnya jerawat
Manfaat daun kemangi yang mungkin paling disukai oleh perempuan yaitu ketika daun kemangi dapat mengatasi masalah jerawat. Ini karena daun kemangi memiliki kandungan zat yang berfungsi sebagai anti mikrooba dan bakteri.

Daun kemangi melindungi kita dari komedo
Jerawat dan komedo mungkin adalah masalah terbesar bagi seorang wanita. Dengan menggunakan daun kemagi di setiap sisi hidung dengan cara ditempelkan akan dapat berfungsi dalam mengatasi masalah komedo tersebut. Dan selanjutnya dibersihkan dengan air biasa.

Mencegah rambut rontok dan beruban
Ada dua masalah yang sering dihadapi oleh seseorang pada bagian rambut. Masalah tersebut yaitu rambut yang beruban dan mengalami kerontokan. Solusinya bisa menggunakan daun kemangi ini.

Sekian informasi mengenai manfaat daun kemangi untuk kecantikan dan kesehatan. Sapai jumpa di artikel lainnya kawan. Salam seputarmanfaat.com.

Add your comment