Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan - Seputar Manfaat

Manfaat Buah Nanas untuk Kesehatan

Buah nanas merupakan salah satu buah yang terdengar familiar di telinga orang indonesia. Saking terkenalnya buah ini, buah ini juga menjadi rumah dalam film Spongebob. Buah ini sebenarnya berasal dari negara-negara tropis seperti Brazil, Bolivia, dan Paraguay. Namun, buah nanas ini juga dapat tumbuh baik di negara Indonesia ini, yang sudah kita ketahui bahwa indonesia itu merupakan negara sub tropis.

Manfaat Buah Nanas

Buah nanas memiliki kandungan vitamin C dan vitamin A yang berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan selain dapat menangkan radikal bebas, ia juga bisa mengatasi penyakit jantung.  Vitamin C juga berguna dalam rangka menjaga kulit supaya tetap sehat.

Kita ketahui, penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang termasuk mematikan dan sangat berbahaya. Jumlah penderta nya terus bertambah di dunia. Hal ini terjadi karena banyak orang tidak memiliki gaya hidup yang sehat. Faktor pemicu penyakit jantung diantaranya yaitu merokok, mengkonsumsi kolesterol tinggi, stress, kurang istirahat, kurang gerak, serta malas dalam berolahraga.

Gaya hidup yang kurang sehat tersebut dapa berefek buruk untuk jantung kita. Gaya hidup buruk dapat mengakibatkan peningkatan tekanan darah serta detak jantung, peningkatan pembekuan darah. Dan bisa juga mengakibatkan kerusakan sel-sel yang melapisi arteri koroner dan pembuluh darah lainnya. Cara mengatasi kerusakan-kerusakan tersebut yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi.  Dan buah nanas merupakan salah satu buah yang mengandung antioksidan flavonoid yang berasal dari vitamin C. Dimana flavonoid ini meiliki fungsi dalam menetralisir radikal bebas serta mengurangi efek kerusakan sel dan jaringan tubuh.

Manfaat buah nanas tdak hanya untuk kesehatan jantung saja. Nanas juga memiliki manfaat yang lain. Berikut adalah ulasannya.

Nanas bermanfaat dalam meningkatkan kekebalan tubuh
Kekebalan tubuh sangat penting bagi manusia. Kekebalan tubuh berfungsi untuk menjaga tubuh dari serangn bakter dan virus. Vitamin C merupakan salah satu zat yang berfungsi dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C ini juga berfungsi membuat tubuh agar tidak mudah lelah

Melindungi usus tetap sehat
Nanas juga mengandung bromelain yang berfungsi membantu dalam proses pencernaan dan juga dalam memecah protein.

Nanas bermanfaat untuk menguatkan tulang
Dalam buah nanas mengandung kandungan zat mangan yang berfungi dalam proses memperkuat tulang. Kandungan zat mangan dalam buah nanas ini yaitu setidaknya hampir 73%. Sehingga tulang menjadi lebih sehat dan memperkecil resiko terkena osteoporosis.


Mengurangi lemak berlebih di daerah pinggul
Vitamin A dan C serta tiamin serat dan tembaga sangat dibutuhkan dalam tubuh. Zat-zat tersebut yaitu untuk mengurangi lemak.

Merawat kulit kaki
Buah nanas juga baik untuk kulit kaki.  Apabila kamu memiliki tekstur kulit yang bersisik, buah nanas bisa kita jadikan scrub alami. Kulit yang tadinya kapalan dapat kembali menjadi halus. Selain itu, nbuah nanas juga memiliki khasiat dalam mencegah pembengkakan dan peradangan pada kulit kaki pecah-pecah.

Berguna dalam melembutkan kulit
Tak hanya kulit pada kaki, kulit lainnya yang ada pada tubuh kita juga bisa dirawat dengan buah nanas ini. Untuk membuatnya pertama kita haluskan nanas, selanjutnya ambil 3 sendok makan dan tambahkan kuning telur juga sedikit susu cair. Ketiga bahan tersebtu kita campurkan. Kita terapkan campuran tersebut sebagai masker pada wajah. Terakhir bersihkan dengan air bersih.

Kaya akan vitamin C
Nanas merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin C didalamnya. Vitamin C ini sangat berguna bagi kita, misalnya yaitu sebagai penangkal radikal bebas yang dapat merusak sel.

Buah nanas bermanfaat dalam mengatasi radang
Buah nanas juga bisa dijadikan sebagai anti radang. Bromelain yang ada di dalam kandungan buah nanas efektif dalam anti radang. Enzim ini juga berguna dalam mengatasi sinusitis, radang tenggorokan, mengurangi pembengkakan, arthritis dan encok.

Mampu menyembuhkan bibir pecah-pecah
Buah nanas bisa digunakan dalam mengatasi bibir pecah-pecah. Ini karena buah ini memang banyak mengandung vitamin C. Cara mengkonsumsinya yaitu bisa secara langsung. Bisa juga mencampurkan nanas dengan minyak kelapa lalu oleskan pada bibir.

Add your comment