Manfaat Sayur Kubis Buat Kesehatan - Seputar Manfaat

Manfaat Sayur Kubis Buat Kesehatan

Kamu doyan dengan sayur yang namanya kubis? Kubis juga memiliki nama lain yaitu kobis bulat dan kol. Tanaman ini memiliki nama latin yaitu Brassica oleracea L. Sayur ini dimanfaatkan daunnya untuk dikonsumsi. Karakteristik daunnya berbentuk bulatan  kadang juga agak pipih. Daunnya ini juga tersusun bertumpuk-tumpuk.

Asal-usul kubis yaitu bermula dari Eropa Selatan dan Eropa Barat. Memang hingga saat ini belum ada bukti tertulis maupun peninggalan arkeologi yang kuat. Namun hasil pemuliaan terhadap kubis liar B. oleracea var. sylvestris berasal dari benua tersebut.

sayur kubis bermanfaat untuk

Kata kubis sendiri diambil dari bahasa Perancis, yaitu chou cabus. Yang artinya secara harafiah yaitu kubis kepala. Dan selanjutnya diperkenalkan oleh orang Eropa yang tinggal di Hindia-Belanda dengan nama kol. Ini adalah nama yang diambil dari bahasa Belanda yaitu kool.

Warna sayuran umumnya memiliki warna hijau dan pucat. Namun adapula kubis yang memiliki warna hijau dan ungu kemerahan. Dari bentuk kropnya dikenal ada dua macam kubis: kol bulat dan kol gepeng (bulat agak pipih). Untuk perdagangan komoditi kubis di Indonesia, Ia membedakan dua bentuk ini. Yang khas dari kubis yaitu Kelompok Sabauda, di pasaran ia lebih dikenal sebagai kubis Savoy.

Kali ini, kita akan bahas mengenai manfaat dari sayur kubis. Dan ternyata sayur kubis inbi tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan saja, namun ia juga berkhasiat untuk membuat para hawa memiliki kecantikan yang lebih.

Sayur kobis diketahui memiliki kandungan vitamin K serta anthocyanins. Dua zat ini berperan dalam meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Mereka dapat membantu kita dalam mencegaah terjadinya kerusakan saraf. Zat-zat tersebut juga mampu menyembuhkan alzheimer.

Tak hanya terdapat di buah-buahan saja, vitamin C juga terdapat di dalam sayuran ini. Vitamin ini mampu mengeluarkan racun di dalam tubuh. Bisa juga untuk sembuhkan penyakit seperti arthtiris, penyakit kulit, rematik, dan asam urat.

Dari hasil sebuah penelitian menunjukan bahwa kubis ternyata juga mampu mencegah tumbuhnya sel-sel kanker. Terutama sel kanker pada bagian payudara wanita.

Yang selanjutnya, sayur kubis juga memiliki manfaat untuk menjaga sirkulasi darah supaya tetap lancar. Sehingga ini juga bisa mencegah stroke dan penyakit jantung. Ini berkat kandungan potassium dalam kubis.

Jika mengalami sakit kepala, kubis ternyata juga dapat digunakan  untuk mengobati. Kubis cukup diblender, lalu, bungkus menggunakan kain bersih, selanjutnya kita kompreskan ke dahi.

Kubis atau bisa juga kol, ia juga baik dalam menjaga kesehatan mata. Hal ini keran dalam kubis kol ini juga mengandung vitamin A yang baik bagi mata. Sehingga, jika mata sehat, maka tak perlu lah menggunakan kaca mata.

Manfaat kubis yang lainnya juga masih banyak. Misalnya yaitu dapat meredakan sakit kepala, memperbaiki sel sel dalam tubuh, serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Bagaimana, apakah kamu sekarang mulai menyukai sayuan terutama sayur kubis ini? Salam go gren, salam sayuran. [seputar manfaat]

Add your comment