Manfaat Cokelat Untuk Kesehatan - Seputar Manfaat

Manfaat Cokelat Untuk Kesehatan

Manfaat Cokelat - Cokelat memang sangat memikat perut dan mata. Membuat air liur kita keluar banyak. Manisnya cokelat tak hanya untuk lidah namun juga untuk kesehatan tubuh.


Kandungan cokelat yaitu seperti teobromin, fenetilamina, dan anandamida. Beberapa zat tersebut memiliki efek fisiologis. Kandunganya ini juga bisa dihubungkan dengan tingkat serotonin otak. Seorang ilmuwan berpendapat bahwa cokelat yang dimakan dengan jumlah normal dan teratur, ia dapat menurunkan tekanan dalam darah. 

Cokelat hitam adalah salah satu jenis cokelat yang diketahui menguntungkan kesehatan. Ia memiliki kandungan anti oksidan. Sehingga ia dapat mengurangi radikal bebas.

manfaat cokelat

Dengan mengkonsumsi cokelat, kita dapat meningkatkan produksi insuilin dalam tubuh. Sesuai para peneliti dari itali, mereka melakukan uji terhadap 15 orang untuk memakan 3 ons cokelat yang tak mengandung phytochemical flavonoid. Hal ini mereka lakukan selama 15 hari secar berturut-turut. Hasilnya, mereka menunjukan bahwa setelah makan coklat tersebut, mereka menunjukan faktor resiko untuk diabetes menurun secara signifikan.

Seperti buah anggur, cokelat ternyata juga memiliki kandungan antioksidan. Kandungna antioksidan ini didapat dari zat yang bernama flavonoid.

John Hopkins, seoran peneliti di University School of Medicine. Ia melakukan sebuah penelitian. Penelitian tersebut menunjukan bahwa coklat hitam mampu kurangi resiko serangan jantung. Dan mengejutkannya, ia mampu mengurangi resiko hampir sekitar 50%. Hal ini berelasi dengan pembekuan trombosit darah yang menjadi lebih lambat. Ketika trombosit membeku, ini dapat membentuk blok bekuan dalam pembuluh darah. Dan kemudian menyebabkan serangan jantung.

Kebanyakan orang menganggap bahwa cokelat mampu menambah berat badan. Namun sebenarnya, gula-lah yang membuat kegemukan tersebut. Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Copenhagen, mereka menunjukan bahwa coklat hitam dapat memberikan rasa kenyang. Sehingga cokelat hitam dianggap lebih efektif dalam membantu penurunan berat badan.

Berlindung dari matahari, itu adalah biasanya yang dilakukan oleh wanita. Seorang wanita, terutama wanita indonesia, mereka lebih cenderung meninginkan kulit yang mulus dan puti. Dan ternyata, coklat memiliki kandungan flavanol yang berfungsi untuk proteksi terhadap sinar matahari. Hal ini juga telah diuji oleh peneliti London.

Mungkin kita tahu beberapa buah dan obat herbal untuk mengatasi sakit diare atau mencret. Namun ternyata, cokelat juga memiliki kemampuan yang sama. Dan jika kamu tidak doyan sama yang namanya daun jambu biji, cokelat ini adalah solusinya. Dijamin kamu pasti suka. Flavanoid, selain berfungsi seperti yang sudah saya sebutkan, ternyata dia juga mampu mengikat protein yang fungsinya mengatur sekresi cairan di usus kecil serta dapat menghentikan diare.

Cokelat tidak hanya dapat mengurangi stres, namun, ia  juga mampu meningkatkan kekuatan otak. Peneliti dari University of Nottingham menemukan bahwa dengan minum kakao yang kaya flavanol, ini akan mempengaruhi peningkatan aliran darah ke bagian-bagian otak selama 2 hingga 3 jam. Tentu, ini dapat membuat kinerja dan kewaspadaan otak meningkatkan dalam waktu jangka pendek.

Selain itu semua, cokelat juga mampu membantu dalam mengatur suasana hati dan tidur. Ini diketahui setelah para peneliti melakukan penelitian terhadap orang yang memiliki sindrom kelelahan kronis.

Sekian, seputar manfaat cokelat untuk kesehatan kita. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Stay tune!

Add your comment