Seputar Manfaat Daun Kelor - Seputar Manfaat

Seputar Manfaat Daun Kelor

Manfaat Daun Kelor - Pernahkah kamu denger yang namanya dau kelor? Jika belum, saya beritahu. Daun kelor merupakan salah satu jenis tanaman asli miliki Indonesia. Namanya saja, bahkan sudah terkenal hingga ke berbagai negara.  Dan menariknya, daun ini juga memiliki banyak khasiat dan manfaat yang ada di dalamnya. Sehingga daun ini bisa dijadikan sebagai ibat alami dan herbal.


Daun herbal ini juga mengandung Vitamin A dan Vitamin C. Kedua vitamin ini tak asing lagi kita degar. Vitamin C bahkan lenih tinggi daripada buah jeruk. Vitamin C berguna untuk mengobati sariawan dan juga perawatan kulit. Jika mengkonsumsi daun kelor ini, maka kulit akan lebih halus. Sedang untuk vitamin A yang terkandung yaitu berguna untuk anti oksidan, mengatasi sakit malaria, serta anti aging. Ia juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, dan untuk para ibu hamil vitamin A ini mampu meningkatkan secara optimal perkembangan janin.

Penelitian untuk dau kelor juga telah dilakukan mulai tahun 1980-an. Dari daunnya, kulit batang, buah dan bijinya. Manfaat lain daun kelor iaitu untuk menjaga tanah supaya tidak longsor. Ini karena ian mampu menahan air hujan  dengan sistem perakaran yang sangat rapat.

Daun kelor juga dipercaya memiliki kandungan Anti oksidan. Zat ini berfungsi untuk mencegah kanker. Bahkan bisa juga hingga menghilangkan penyakit kanker. Apalagi kandungan anti-oksidannya juga terbilang tinggi.

Daun kelor sangat baik untuk obati masalah rematik. Kelor dapak melakukan pengobatan terhadap rematik. Ia mampu mengurangi rasa sakit di bagian sendi. Penumpukan asam urat pada sendi juga bisa dikurangi degan daun kelor ini. Sehingga rematik atau asam urat sembuh dengan alami.

Cara Mengolah Daun Kelor

Untuk mengolah daun kelor, pertama anda harus memiliki daun kelor yang masih muda, warna hijau muda cerah. Setelah daun tersebut kita petik, selanjutnya yaiyu proses pencucian. Seleksi daun yang muda, dan hilangkan daun ang bertekstur keras. Daun ini bisa juga digunakan utnuk lalapan dan sebagai sayur bening.

Selanjutnya kita akan memberitahu bagaimana mengolah daun kelor yang sudah tua. DAun yang sudah tua memiliki warna hijau tua. Daun tersebut dipetik selanjutnya dicuci. Setelah dicuci, selanjutnya diangin-anginkan. Usahakan daun tidak terkena oleh sinar matahari secara langsung. Pisahkan daun dari tangkainya. Kemudian masukan  ke kulkas. Tunggu hingga sampai kering betul. Daun kelor kering bisa diseduh menggunakan air 80 hingga 100 derajat Celcius.

Selain bisa langsung diseduh, daun kelor juga bisa dimakan dengan bentuk kapsul. Daun Kelor kering selanjutnya diolah menjadi serbuk. Cara menghaluskannya yaitu bisa dengan cara diremas, ditumbuk maupun dengan diblender. Selanjutnya, hasil penghaslusan tadi kita ayak menggunakan ayakan. Walau bisa dicampur dengan makanan damaupun minuman, alangkah baiknya kita konsumsi dengan cara dimasukan ke kapsul.

Sekian artikel saya. Semoga dapat bermanfaat untuk kawan semuanya. Salam Manfaat!

Add your comment