Manfaat Minum Kopi Untuk Kanker Usus, Kesehatan Lainnya, dan Kecantikan - Seputar Manfaat

Manfaat Minum Kopi Untuk Kanker Usus, Kesehatan Lainnya, dan Kecantikan

Manfaat Minuman Kopi - Kopi merupakan jenis minuman yang dibuat dengan proses pengolahan dan ekstraksi biji dari tanaman kopi. Biji tersebut dikeringkan kemudian dihaluskan menjadi bubuk.

Kata kopi sendiri awalnya berasal dari bahasa Arab‎ qahwah yang artinya kekuatan. Ini karena awalnya kopi digunakan sebagai makanan berenergi tinggi. Kata qahwah sendiri mengalami perubahan menjadi kahveh yang berasal dari bahasa Turki dan kemudian berubah lagi menjadi koffie dalam bahasa Belanda. Kemudian, penggunaan kata koffie pada bahas Belanda kemudian diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi kopi. Umumnya ada dua jenis biji kopi, pertama yaitu arabika (kualitas terbaik) dan kedua yaitu robusta.

manfaat minuman kopi

Penemuan kopi sebagai minuman berkhasiat, berenergi, dan bermanfaat pertama kali oleh Bangsa Etiopia di benua Afrika sekitar 1000 SM. Kopi terus mengalami perkembangan hingga saat ini dan menjadi salah satu minuman populer di dunia. Kopi dikonsumsi oleh beragam kalangan masyarakat. Negara Indonesia saat ini telah mampu memproduksi lebih dari 400 ribu ton kopi per tahun. Kopi, di samping memiliki rasa dan aroma yang menarik, ia juga bisa menurunkan risiko penyakit kanker, diabetes, batu empedu, dan penyakit jantung.

Kopi mampu memberikan berbagai manfaat. Bahkan ia juga bisa mencegah risiko kanker usus besar. Ini terungkap dari sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh Dana Farber Cancer Institute di Boston, AS. Manfaat kopi tidak lepas dari kandungan kafein yang menjadi zat paling dominan di dalamnya. Kopi juga memberi pengaruh untuk sel kanker yang ada di usus besar.

manfaat kopi

Menurut penelitian yang dikutip dari Merdeka Dailymail. Kafein yang terdapat dalam kopi bermanfaat untuk memangkas peradangan yang nantinya akan menjadi sel kanker di usus.

Penurunan risiko kanker usus besar angkanya juga lumayan besar. Dengan mengonsumsi kandungan kafein dalam kopi sebanyak 460 miligram setiap harinya, resiko kanker usus besar akan menurun hingga 42 persen. Penelitian lain juga menemukan bahwa dengan mengkonsumsi kopi secara rutin dapat menghindari penyakit kanker payudara sehabis masa menopause, kanker liver, hingga kanker prostat pada laki-laki.

Meminum kopi sebaiknya dilakukan dengan cara-cara yang sehat. Kopi jika ditambah dengan gula hingga manis, ini justru kurang sehat. Kopi yang diminum tanpa gula bisa bermanfaat untuk mencegah diabetes, ini karena ia mampu meningkatkan sensitivitas pada insulin. Namunjika dengan penambahan gula malah dapat menimbulkan penyakit diabetes.

Perhatikan pula kemampuan tubuh kita untuk minum kopi ini. Karena ada orang yang hanya minum setengah gelas kopi saja sudah membuat badan merasa lemas. Namun, ada pula yang kuat minum kopi hinga bergelas-gelas dalam satu harinya. Sebaiknya kita tetap batasi minum kopi maksimal 2 hingga 3 gelas dalam satu harinya.

manfaat meminum kopi

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan

  1. Kopi mampu cegah penyakit batu empedu menyerang kita.
  2. Kopi bermanfaat untuk mencegah depresi
  3. Kopi juga bisa meningkatan kekuatan memori pada otak
  4. Kopi mampu kurangi resiko diabetes
  5. Kopi bisa menurunkan resiko terkena kanker
  6. Kopi mampu meningkatkan metabolisme dalam tubuh
  7. Kopi menurunkan resiko penyakit Parkinson
  8. Kopi dapat meningkatkan kinerja beserta performa tubuh kita
  9. Kopi mampu mencegah kita dari encok
  10. Meningkatkan mood. 
  11. Mampu mencegah penyakit parkinson. 
  12. Mengurangi resiko terkena penyakit Alzheimer dan Demensia. 
  13. Kopi mampu menjaga kesehatan pada mulut.

manfaat masker kopi

Manfaat Kopi Bagi Kecantikan

Selain bermanfaat baik untuk kesehatan, kopi juga bisa digunakan  untuk perawatan kecantikan. Berikut adalah manfaat kopi untuk kecantikan.
  1. Kopi bisa digunakan untuk masker wajah. 
  2. Kopi bermanfaat untuk mengencangkan kulit.
  3. Kopi mampu mengankat sel wajah yang mati.
  4. Kopi bisa juga untuk perawatan kulit kepala
  5. Kopi mampu menyegarkan kulit kita.
  6. Kopi bisa juga untuk pedicure dan manicure.

Add your comment