Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan Kita - Seputar Manfaat

Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan Kita

Manfaat Buah Bit - Buah bit merupakan salah satu jajaran buah yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Sayangnya, buah bit ini bukan berasal dari Indonesia, sehingga buah ini jarang dikenal oleh masyarakat Indonesia.Buah ini awalnya hanya ada di Amerika dan Inggris. Saat ini buah bit ini bisa ditemukan dengan mudah di supermarket. Buah ini biasannya dipakai untuk bahan pewarna alami.

Buah bit juga dikenal dengan nama akar bit maupun bit merah. Buah ini merupakan salah satu varietas Beta Vulgaris. Tanamannya ini berupa akar, mirip umbi-umbian yang memiliki warna merah.

manfaat buah bit

Cara untuk mengonsumsi buah bit ini sangatlah banyak. Pertama bisa dibuat jus, direbus sebentar untuk salad, sup dan masih banyak yang lain.

Buah bit ini mampu menghancurkan sel kanker. Oleh karenanya, saat ini mulai banya orang yang mulai menkonsumsi jus yang berbahan buah bit.

Buah bit ini berbentuk bulat dan hampir mirip dengan ubi jalar. Warna dari buah ini yaitu merah keungu-unguan. Ini karena di dalam buah bit ini terkandung zat betalain di dalamnya. Bau yang dihasilkan juga khas. Tekstur buahnya mirip dengan bengkuang ataupun buah pear. Untu rasa buah ini langu dan tidak enak. Walau tidak enak, manfaat buah bit ini cukup menggoda. Sama seperti kunyit, ketika dikupas, buah ini akan meninggalkan warna ungu di tangan.

Buah bit ini bisa dikatakan sebagai obat herbal. Dan obat herbal yang berasal dari alam ini memiliki efek samping yang sangat sedikit apabila dibandingkan dengan obat-obatan medis. Sehingga buah bit bisa dijadikan alternatif obat, selain efek sampingnya minim, harganya pun relatif lebih murah dibandingkan dengan obat kimia.

Buah bit ini mengandung karbohidrat, walau begitu, kandungan kalorinya terbilang rendah. Jadi tak usah khawatir, walau kita menyantap buah bit, ini tidak akan menaikkan berat badan kita. Sedikit tips, sebaiknya akar bit dicampur dengan buah maupun sayur lainnya, karena jika membuat jus dari akar bit saja ini bisa membuat tali pita akan terasa kaku dan sulit bicara untuk beberapa waktu tertentu. Namun jika kita minum jus  akar bit organik  murni, ini justru mampu sembuhkan kelumpuhan atau kekakuan pada pita suara.

Menurut Prof. Amrita Ahluwalia dari Barts & London School of Medicine, menyatakan bahwa dengan meminum jus bit serta sayuran lain yang kaya dengan kandungan nitrat, ini mampu memelihara kesehatan pada jantung. Percobaan tersebut menunjukkan bahwa tekanan darah mampu menurun dalam waktu 1 jam saja, setelah kita minum jus bit tersebut. Dan tiga sampai empat jam setelah minum jus bit, penurunan masih tetap berlanjut dan bisa diamati sampai dalam waktu 24 jam.

Peneliti juga menunjukkan hasil yang mencengangkan pikiran kita. Buah bit ternyata memiliki manfaat yang melebihi rutinitas olahraga teratur dengan pengawasan pelatih yang profesional. Meskipun rasanya mungkin tidak terasa sedap, namun manfaatnya akan bisa dinikmati oleh semua kalangan masyarakat.

Kandungan dalam Buah Bit 


  1. Asam Folat 
  2. Kalium
  3. Magnesium
  4. Tembaga
  5. Fosfor 
  6. Caumarin
  7. Betasjanin 
  8. Serat  
  9. Triptofan
  10. Zat Besi
  11. Vitamin C

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Exeter’s School of Sport and Health Sciences, menyebutkan bahwa segelas jus bit dapat membantu meningkatkan stamina tubuh hingga 16%. Kandungan nitrat yang terdapat di dalamnya juga membantu tubuh untuk mengembalikan cadangan oksigen.

Manfaat Buah Bit

  1. Mampu mencegah kanker dan menghancurkan sel tumor
  2. Mampu mencegah penyakit stroke dan jantung
  3. Berfungsi untuk obat hati dan kantong empedu
  4. Berfungsi menurunkan kolesterol
  5. Mampu menetralisir racun di tubuh
  6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  7. Mengobati infeksi dan juga radang
  8. Berfungsi sebagai penghasil energi
  9. Berfungsi untuk memperkuat tulang
  10. Menumbuhkan dan  juga mengganti sel yang rusak
  11. Berfungsi untuk menjaga fungsi otot dan syaraf
  12. Untuk memperlancar keseimbangan cairan di dalam tubuh

Cara membuat jus bit 

  • Pertama-tama cuci buah bit terlebih dahulu 
  • Selanjutnya kupas kulitnya
  • Potong buah bit, kemudian masukkan ke dalam blender 
  • Kemudian hasil blender tersebut diperas untuk ambil airnya
  • Siap disajikan ataupun dikonsumsi

Add your comment