Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan - Seputar Manfaat

Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan

Manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan memang sudah banyak dirasakan. Ia memang dikenal dengan rasa yang asam namun sangat menyegarkan, oleh karenanya, ia banyak dimanfaatkan untuk bahan makanan misalnya rujak. Belimbing wuluh memang bukan merupakan belimbing jenis buah-buahan yang masih muda melainkan, belimbing wuluh termasuk jenis varietas berbeda dari buah belimbing. Maka dari itu, belimbing tidak besar mirip buah belimbing, besarnya hanya sekitar ibu jari orang tuhansa. Rasanya yang masam juga tidak sama mirip rasa belimbing buah.

Manfaat Belimbing Wuluh

Kandungan belimbing wuluh

Manfaat dan khasiat dari belimbing wuluh sudah sejak lama digunakan sebagai bahan masakan dan kuliner untuk perasa masam secara alami. Rasa asamnya terasa nikmat untuk dijadikan kudapan mirip rujak maupun asinan. Dan siapa sangka, belimbing wuluh ini juga memiliki khasiat luar biasa bagi kesehatan. Belimbing wuluh bermanfaat sebagai buah-buahan penghasil vitamin c dan juga sebagai obat tradisional mirip kencur maupun temu lawak.

Manfaat dari belimbing wuluh untuk kesehatan yaitu untuk mengobati penyakit mirip batuk, penyakit gigi dan tanda-tanda penyakit diabetes. Hal ini karena dalam komposisi unsur alami belimbing wuluh mirip banyak terdapat seperti pada bagian buahnya, antara lain glukosid, tanin, asam format, peroksida, saponin, kalsium oksalat, sulfur, dan kalium sitrat.

Belimbing wuluh adalah merupakan tanaman yang memiliki guna komplek untuk kesehatan. Di hampir setiap bagian tanamannya. Hal ini tentu karena bagian lain seperti pada bagian daun, batang, buah, dan bunganya pasti mampu dijadikan sebagai bahan ramuan obat untuk mengatasi sejumlah penyakit.

Kami akan sajikan beberapa informasi mengenai manfaat buah belimbing bagi kesehatan.

Manfaat Belimbing Wuluh

1. Untuk Mengobati Jerawat

Untuk mengatasi jerawat, pertama siapkan 3 buwah belimbing wuluh yang masih segar. Belimbing kemudian dicuci hingga bersih. Buah kemudian di parut dan diberi dengan sedikit garam. Tempelkan pada permukaan kulit yang ada jerawatnya. Lakukan maskeran ini selama 2 kali sehari. Bisa juga siapkan 6 buah belimbing wuluh. Dan 1/2 sendok teh bubuk belerang, digiling halus lalu diremas dengan 2 sendok makan air jeruk nipis. Ramuan ini bisa dipakai untuk menggosok serta melumas muka yang berjerawat. Lakukan 2-3 kali sehari.

2. Untuk Pengobatan Tekanan Darah Tinggi

Siapkan buah belimbing sebanyak 3 buah. Siapkan juga biji sari gading 25gr yang sudah dicuci bersih. Biji sari gading ditumbuk hingga halus. Masukan semuanya kedalam panci yang berisi 4 gelas air dan kemudian rebuslah bersama belimbing wuluh. Selanjutnya didinginkan dan lalu saring . Minuman ini dapat diminum 1 gelas sehari. Buah yang besar dan berwarna hijau diparut, selanjutnya ambil air-nya dan diminum. atau dengan cara menyiapkan 3 buah belimbing wuluh yang dicuci lalu dipotong-potong. Kemudian direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 1 gelas saja. Kemudian disaring.

3. Untuk Mengobati Rematik
Menggunakan belimbing wuluh sebagai obat rematik merupakan salah satu obat alternatif. Untuk membuat obat alternatifnya yaitu siapkan segenggam daun belimbing wuluh dicuci, selanjutnya tumbuk hingga halus, terus tambahkan kapur sirih, selanjutnya gosokan kebagian yang terkena penyakit itu. Siapkan juga 100 gr daun muda dari belimbing wuluh, 10 biji cengkih dan 15 biji merica dicuci selanjutnya digiling halus, tambahkan cuka secukupnya hingga menjadi adonan mirip seperti bubur. Oleskan adonan tersebut ke tempat yang terkena penyakit. Lakukan ini 2-3 kali sehari.

4. Untuk Obati Pegal Linu
Cara membuat obatnya, siapkan segenggam daun belimbing wuluh yang masih muda. Yang lainnya yaitu, 10 biji cengkih, 15 biji lada, kemudian digiling atau ditumbuk hingga halus. Kemudian ditambahkan dengan asam cuka secukupnya. Oleskan ke daerah yang sakit.

5. Untuk Obati Panu
Panu adalah masalah kulit yang banyak dijangkit. Ini mungkin akan menurunkan rasa percaya diri. Untuk membuat ramuan obat panu yaitu siapkan sepuluh buah belimbing wuluh kemudian dicuci, selanjutnya digiling halus. Tambahkan juga kapur sirih sebesar biji asam, diremas hingga rata. Ramuan ini digunakan untuk menggosok kulit yang terkena panu. GUnakan dalam 2 kali sehari.

6. Untuk Obat Batuk
Buah belimbing juga bermanfaat buat yang lagi terkena batuk. caranya yaitu, siapkan daun, bunga, buah, masing-masing porsinya sama banyaknya, kemudian direbus dalam air yang mendidih selama 30 menit, dan selanjutnya bisa di minum airnya.

7. Untuk Pengobatan Diabetes
Bagi Anda yang sedang menderita diabetes. Siapkan sebanyak 6 buah belimbing wuluh, kemudian dilumatkan. Rebuslah  dengan 1 gelas air hingga airnya tinggal setengah, saring, minum 2 kali sehari.

8. Sebagai Obat Gondongan
Untuk menggunakan belimbing wuluh untuk obat gondongan, carnya yaitu siapkan setengah genggam daun belimbing wuluh lalu ditumbuk dengan campuran 3 bawang putih. Hasil tumbukan tersebut kemudian kompreskan di bagian yang terkena gondongan.

Sekian artikel mengenai manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

Add your comment