10 Manfaat Madu Untuk Kesehatan dan Kecantikan - Seputar Manfaat

10 Manfaat Madu Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Madu - Madu tentu sudah sangat familiar di telinga kita. Madu ini merupakn cairan kental yang memiliki rasa manis dan dihasilkan oleh hewan lebah. Madu yang dihasilkan oleh lebah memiliki sangat banyak manfaat dan kegunaan untuk berbagai macam masalah dibidang  kesehatan. Madu dipercaya dari ratusan tahun lalu untuk digunakan untuk pengobatan secara tradisional dan alami. Selain untuk kesehatan, madu memiliki manfaat untuk kecantikan serta masih banyak juga lainnya.

manfaat madu

Mengkonsumsi madu secara berkelanjutan dapat membuat kesehatan lebih baik. Cara mengkonsumsinya yaitu bisa dengan cara mencampurnya dengan air panas. Yuk kita bahas mengenai manfaat madu untuk kita.

1. Madu berguna meningkatkan sistem imun tubuh
Madu juga berguna untuk membunuh bakteri. Madu ini memiliki manfaat sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas yang berbahaya. Di dalam kandungan madu terdapat gula alami yang dapat menyehatkan tubuh dan juga menjadi sumber kalori yang baik.

2. Madu dapat meningkatkan energi pada pagi hari
Madu memiliki khasiat yang sangat baik bagi tubuh. Madu ini bisa menggantikan segelas kopi dengan segelas air hangat yang dicampur dengan madu. MInum madu ini untuk mengawali aktivitas anda pada pagi hari.

3. Madu dapat menjaga sistem pencernaan
Madu diketahui memiliki khasiat untuk menjaga sistem dalam pencernaan. Ini dikarenakan, ia memiliki zat antiseptik yang dapat membantu mengurangai kadar keasaman di perut. Selain itu pula, madu juga dapat meningkatkan pembuatan lendir di usus. Bila memiliki masalah atau problem dengan buang air besar, kita bisa menggunakan campuran air hangat dengan madu untuk mengatasinya.

4. Madu dapat mengurangi iritasi pada tenggorokan
Campouran antara madu dan juga air hangat dapat mengurangi rasa sakit serta iritasi pada tenggorokan. Dengan mengkonsumsi madu, ini dapat meredakan rasa sakit di tenggorokan. Sedangkan air hangatnya mampu meredakan rasa sakitnya. Madu ini juga berguna untuk atasi sakit batuk.

5. Madu dapatmembantu proses detoksifikasi
Madu dapat membantu tubuh untuk membuang racun yang ada didalam tubuh. Pada saat bisa buang air besar dengan teratur maka racun yang berada dalam tubuh dapat dihilangkan saat dikeluarkan. Kombinasi dengan air hangat, madu serta perasan lemon, campuran ini bisa membuat pembuangan racun lebih efektif. Hal ini karena dalam lemon memiliki komposisi asam sitrat yang berfungsi untuk membantu dalam meningkatkan fungsi enzim. mampu juga dalam membantu proses detoksifikasi dalam tubuh.


Manfaat Madu Bagi Kecantikan
Dengan mengkonsumsi madu secara teratur, tubuh akan lebih sehat meskipun dengan jadwal padat dapat dengan mudah dilakukan. Madu juga punya manfaat lain yaitu untuk kecantikan kulit. Baik itu kulit tubuh maupun untuk kulit wajah. Madu memiliki manfaat untuk antibakteri, antioksidan, vitamin B dan vitamin C.

1. Madu dapat melindungi kulit
Manfaat madu yang cukup terkenal dan familiar yaitu dapat melindungi kulit. Madu memiliki kandungan seperti antioksidan, anti-jamur dan anti-mikroba. Zat-xat tersebut berguna dalam mengobati bintik merah, infeksi kulit dan juga mengobati luka.

2. Madu dapat memelihara kecantikan kulit
Kita bisa menggunakan madu untuk masker kulit.  Selain itu dapat pula diminum secara terpola. Madu ini memiliki kandungan mineral seperti magnesium, potasium dan kalsium. Ketiga bahan ini dapat membantu untuk regenerasi sel kulit. Sehingga kulit akan terlihat sehat dan juga menarik.

3. Madu dapat mengobati luka pada kulit
Mengkonsui madu juga bisa meminimalkan akan terjadinya infeksi dan luka. Gula sesnsial dari dalam madu dapat membantu mempercepat penyambuhan luka. Selain itu bisa juga untuk anti-mikroba.

4. Madu dapat melembabkan kulit
Untuk menjadikan kulit lebih lembut, kita bisa menggunakan madu secara kontinyu. Kita bisa oleskan madu ini pada sekitar leher dan kulit pada wajah. Ini berfungsi untuk untuk melembutkan kulit.

5. Madu dapat mencegah penuaan pada kulit
Penuaan dapat dikurangai dengan menggunakan manfaat madu, Jika merasa terlihat semakin muda, ini karena madu memang memiliki kegunaan sebagai penangkal radikal bebas. Ia juga bisa dibuat sebagai toner. Caranya yaitu dengan mencampurnya dengan beberapa bahan lainnya. Yiatu dengan mencampur dua sendok teh lemon, dua senodk teh madu dan tambahkan air secukupnya. Setelah itu, masukan campuran-campuran tadi kedalam botol yang bersih. Habis itu kocok sampai rata. Setelah itu, baru bisa digunakan sebagai toner.

Sekian artikel mengenai manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan. Sampai jumpa di lain artikel. Salam seputar manfaat.

Add your comment