Manfaat dan Khasiat Buah Pisang - Seputar Manfaat

Manfaat dan Khasiat Buah Pisang

Manfaat Buah Pisang - Kegunaan pisang sudah tidak disangsikan lagi, ini alasannya pohon pisang menjadi salah satu tanaman yang menjadi idaman di indonesia. Hampir di setiap pelosok tempat, terdapa banyak sekali macam pisang. Bahkan hampir disetiap kebun-kebun setidaknya terdapat 1 buah pohon pisang. Buah yang satu ini memang memiliki bermacam kegunaan, banyak sekali jenis makanan menggunakan buah pisang sebagai bahan dasar ataupun pendampingnya.

Pisang adalah buah-buahan yang acapkali ditemukan di indonesia. Buah pisang mudah ditemui pada seluruh tempat dan dengan harga jual yang relatif terjangkau. Buah pisang cocok digunakan sebagai makanan pencuci lisan. Memakan pisang secara kontinyu ternyata memiliki banyak khasiat buah pisang untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Pisang

Buah pisang baik dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil untuk membantu tumbuh kembang janin. Hal ini karena buah pisang memiliki komposisi nutrisi mirip kalium dan juga asam folat. Buah pisang membantu tubuh untuk menyimpan cadangan kalsium, fosfor, serta nitrogen, yang berfungsi membangun perbaikan dan regenerasi jaringan pada tubuh.

Buah pisang ialah buah yang memiliki tingkat konsumsi tinggi di dunia. Siapa yang tak suka pisang? Mungkin hampir sepenuhnya orang di dunia menyukai buah yang sati ini dari mulai anak-anak sampai orang tua. Bisa dikatakan buah pisang ialah buah favorit dan populer sebab rasanya yang manis, memiliki wangi harum serta teksturnya lembut. Buah ini juga dapat diolah menjadi aneka olahan makanan mirip selai, kripik, gorengan dll. Selain itu buah pisang juga memiliki komposisi nutrisi yang dapat mencukupi kebuyang kuasa dalam tubuh kita.

Sejak jaman dahulu, buah pisang telah dipercaya dapat mencegah masuknya sakit ke dalam tubuh. Dan itu memang benar, menurut penelitian komposisi nutrisi yang ada didalam buah pisang bisa meningkatkan kesehatan dalam tubuh serta memperlancar pencernaan. Buah pisang yang memiliki nama latin “m. Acuminata” memiliki  komposisi gizi sangat baik, antara lain menyediakan energi cukup tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lain.

Manfaat kesehatan yang mungkin didapatkan dari memakan pisang termasuk menurunkan risiko kanker, asma, menurunkan tekanan darah dan  meningkatkan kesehatan jantung. Rincian gizi pisang ukuran sedang (kurang lebih yaitu 126 gram) dianggap satu porsi. Satu porsi pisang di dalamnya terkandung 110 kalori, 30 gram karbohidrat dan 1 gram protein. Selain itu, pisang menyediakan banyak sekali vitamin dan mineral :


  • Vitamin b6 – 0,5 mg
  • Mangan – 0,3 mg
  • Vitamin c – 9 mg
  • Kalium – 450 mg
  • Serat – 3g
  • Protein – 1 g
  • Magnesium – 34 mg
  • Folat – 25.0 mcg
  • Riboflavin – 0,1 mg
  • Niacin – 0,8 mg
  • Vitamin a – 81 iu
  • Besi – 0,3 mg

Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan

1. Mampu meningkatkan kesehatan otak
Dengan memakannya secara kontinyu dan sebanyak 3 kali sehari sebagai makanan pencuci mulut.

2. Mengatasi dan mengobati jerawat
Cara menggunakan buah pisang untuk mengobati jerawat yaitu, pertama hancurkan daging buah pisang yang sudah matang. Lalu oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Diamkan selama beberapa menit dan lalu bersihkan menggunakan air. Ulangi cara ini selama beberapa hari hingga jerawat hilang dan kulit pun menjadi bersih.

3. Menghaluskan kulit di wajah
Bagi yang berproblem dengan kulit kasar maupun kering, daging buah pisang menjadi solusinya. Mirip cara mengobati jerawat, pertama hancurkan pisang lalu tambahkan dengan satu sendok madu. Gunakan untuk dijsaudara termudaan masker pada wajah. Hal ini dilakukan secara kontinyu dan kulit wajah akan menjadi halus.

4. Kaya akan kandungan vitamin dan serat
Buah pisang memiliki 2 kali karbohidrat dan 5 kali komposisi vitamin a dibandingkan dengan buah apel. Pisang kaya akan komposisi potasium dengan kadar potasium mencapai 400 mg di dalam pisang yang berukuran sedang. Oleh karena itu buah ini wajib dikonsumsi untuk tetap mampu menjaga kesehatan jantung.

5. Sebagai sumber energi
Komposisi karbohidrat yang terkandung dalam pisang mampu menjadi sumber energi untuk tubuh. Memakan 2 buah pisang sehari, mampu meningkatkan sistem imun tubuh dan menambah energi untuk melakukankan kegiatan sehari-hari.

6. Bisa menurunkan berat badan
Khasiat buah pisang untuk menurunkan berat badan. Bagi yang berproblem dengan kondisi berat badan, maka dengan kontinyu memakan buah pisang untuk membantu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan, buah pisang memiliki komposisi kalori yang relatif kecil.

7. Dapat mengatasi diabetes
Bagi untuk penderita diabetes, dengan memakan pisang khas tempat gorontalo yaitu goroho yang dikukus dan dicampur dengan kelapa parut muda yang mampu digunakan sebagai makanan tambahan untuk penderita diabetes.

8. Mampu menyeimbangkan jumlah cairan
Tubuh membutuhkan jumlah cairan yang seimbang dan cukup dalam menunjang sepenuhnya performa organ tubuh. Oleh karena itu, komposisi kalium pada pisang berperan penting untuk mampu membantu menyeimbangkan jumlah cairan dalam tubuh.

9. Berguna untuk mengobati penyakit maag
Buah pisang ini dapat digunakan sebagai sebuah solusi pada ketika tubuh terserang maag. Hal ini karena buah pisang memiliki komposisi zat penangkal asam dalam tubuh dan sehingga mampu meredakan maag.

10. Mengatasi anemia
Buah pisang memiliki komposisi zat besi yang cukup tinggi sehingga cocok untuk penderita anemia. Memakan 2 buah pisang setiap harinya secara kontinyu. Khasiat buah pisang untuk mengatasi kekurangan sel darah merah atau anemia.

11. Dapat menyehatkan tulang
Memakan buah pisang secara kontinyu mampu berfungsi untuk membantu menyehatkan tulang. Hal ini dikarenakan, buah pisang ini adalah salah satu buah yang memiliki komposisi mangan yang cukup tinggi.


12. Mengatasi gatal hasil terkena gigitan nyamuk
Gigitan nyamuk yang menganggu dan rasa gatal yang dihasilkannya mampu dihilangkan dengan pisang. Ambil kulit pisang dan oleskan secara perlahan ke tempat yang terkena gigitan nyamuk.

13. Buah pisang melancarkan aliran darah
Buah pisang memiliki komposisi kalium dan potasium yang berkegunaan untuk membantu sirkulasi tubuh. Pada akhirnya aliran oksigen ke otak menjadi lebih lancar. Kalium juga mampu berfungsi untuk membantu melancarkan denyut jantung, mengurangi resiko terserang stroke, dan mengatur tekanan darah.

14. Buah pisang mengobati luka bakar
Anda mampu menggunakan salah satu bagian tanaman pisang untuk mengobati luka bakar. Caranya, ambil abu daun pisang dan selanjutnya tambahkan minyak kelapa. Oleskan pada kulit yang terkena luka bakar.

15. Dapat digunakan untuk mencegah penyakit jantung
Buah pisang ini mampu dimanfaatkan untuk mencegah penyakit jantung, hal ini karena buah pisang di dalamnya terdapat komposisi vitamin c dan flavonoid yang bersifat antioksidan serta mampu mencegah proses oksidasi lemak. Kalium yang terkandung dalam buah pisang adalah suatu tonik yang baik bagi untuk kesehatan jantung. Serat pektin berpengaruh dalam membantu menurunkan kolesterol.

16. Memperlancar sistem pencernaan
Memakan buah pisang dengan kontinyu mampu membantu sistem performa pencernaan untuk mampu lebih baik lagi. Sehingga pada akhirnya banyak sekali nutrisi dari makanan yang dikonsumsi mampu diserap dan digunakan tubuh secara optimal.

17. Mengurangi rasa penyakit ketika haid
Apakalau acapkali merasa nyeri setiap kali haid, maka atasi problem tersebut dengan menggunakan buah pisang. Perbanyak memakan buah pisang maka rasa nyeri tersebut mampu mungkin berkurang.

18. Mengurangi pembengkakan
Buah pisang dimanfaatkan untuk mengurangi pembengkakan, melindungi resiko diabetes tipe ii, memperhandal sistem saraf tubuh, membantu menurunkan berat badan, serta membantu mempembuatan sel darah putih. Hal ini dikarenakan tingginya kadar vitamin b-6 dalam buah pisang.

19.Mengobati sembelit
Pisang mampu digunakan sebagai obat sembelit yang alami. Buah ini mampu berfungsi untuk membantu memperlancar buang air besar. Dengan memakan pisang untuk menghindari mengerasnya feses yang adalah tanda-tanda awal sembelit.

20. Meningkatkan mood
Buah pisang berkegunaan membantu meningatkan suasana hati sehingga mood menjadi stabil dan supaya tidak stres.

Pisang bermanfaat untuk menyehatkan otak

Pisang sebagai sarapan di kalangan negara maju menjadi salah satu pilihan terbaik. Campurkan potongan pisang pada sereal, memperlihatkan sumber kalori yang cukup untuk mengawali aktivitas. Sebuah penelitian yang diikuti 200 pelajar, pertanda bahwa konsentrasi dalam belajar mereka meningkat semenjak menjadikan menu pisang pada sarapan. Komposisi kandungan kalium pada pisang, memperlihatkan stimulus pada otak. Pada bayi yang baru memulai memakan makanan pistiadat, pisang menjadi pilihan yang baik karena bertekstur lembut dan baik untuk perkembangan otak bayi.

Kegunaan pisang sangat baik bagi ibu hamil

Seorang ibu hamil memerlukan konsumsi yang baik untuk dirinya dan janin yang dikandung. Asam folat membantu mencegah cacat bawaan pada anak. Sekitar kurang lebih 85 hingga 100 kalori terkandung dalam pisang, hal ini penting untuk pembentukan sel-sel baru pada janin. Selain itu pisang mampu mengurangi morning sickness pada ibu hamil dan menjaga kadar gula darah tetap stabil pada ibu hamil. Untuk lebih menunjang pertumbuhan janin yang sehat, diharapkan juga memakan kacang-kacangan untuk menerima kegunaan kacang hijaudan kegunaan kacang merah.

Kegunaan pisang mencsayap banyak hal, mulai pada kebudewa asupan makanan sehari-hari, media pengobatan hingga untuk ibu hamil. Mulailah menjsaudara termudaan pisang sebagai salah satu menu makanan anda.

Sekian artikel manfaat buah pisang yang dapat kami bagikan. SAmpai jumpa di artikel selanjutnya. Sala seputar manfaat!

Add your comment