Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan dan Kecantikan - Seputar Manfaat

Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Bengkuang - Bengkuang merupakans alah satu buah yang menyegarkan dan  memiliki kadar air tinggi. Selain itu, buah ini kaya dengan banyak sekali nutrisi. Bermanfaat banyak juga untuk kesehatan. Vitamin yang paling tinggi bengkuang merupakan vitamin C. Kandungan lain dari buah ini yaitu mineralnya merupakan fosfor, besi, kalsium dan lain-lain.

Manfaat Bengkuang

Kadar air yang tinggi, membuat bengkuang mampu menyegarkan tubuh serta meningkatkan cairan dalam tubuh. Bengkuang juga dianggap mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Bengkuang biasanya juga digunakan untuk produk kecantikan, lulur, sabun wajah, pelembab, dan lotion. Ini karena ia memiliki efek yang melembabkan dan mendinginkan.

1 . Membantu mengatasi wasir

Serat yang terdapat dalam bengkuang mampu membantu untuk mengatasi wasir. Hal ini karena serat berguna dalam membantu memperlancar saluran pencernaan, sehingga lebih mudah dan tidak menimbulkan rasa penyakit ketika buang air besar. Dengan demikian, wasir jadi semakin mudah dan cepat untuk disembuhkan kembalikan dengan pengobatan. Untuk mengatasi wasir, buat dalam bentuk jus dan minum setiap bangun tidur di pagi hari.

2 . Mengatasi demam

Bengkuang mengandung senyawa kimia yang memiliki manfaat berguna untuk mendinginkan dan menurunkan demam. Bengkuang mampu dimakan secara pribadi atau dibuat menjadi jus dan minum pagi dan sore .

3 . Bagus untuk penderita diabetes mellitus

Selain menggunakan obat dari dokter, bengkuang ternyara juga mampu dimanfaatkan untuk membantu mempertahankan kadar gula darah. Serat makanan dalam bengkuang berperan untuk menurunkan kadar gula darah, karena akan diserap pencernaan secara perlahan dan tidak sepenuhnya diubah menjadi glukosa. untuk menjaga kadar gula darah tetap terjaga, bengkuang mampu dibuat jus maupun diparut selanjutnya disaring. Saringan tersebut diminum setiap pagi dan sore.

4 . Mengatasi sariawan

Sariawan pada mulut merupakan tanda-tanda abrasi kulit lisan pada bagian dinding dalam pipi atau pengecap. Penyebab paling utama yaitu kekurangan vitamin c, alergi, atau penurunan daya tahan tubuh. Komposisi vitamin C  pada bengkuang bekerja sebagai antioksidan dan mampu membantu mempercepat proses penyembuhan. bengkuang mampu diberikan dengan cara dibuat jus dan ditambah dengan madu dan air.

5 . Manfaat bengkuang untuk sumber fitoestrogen alami

Fitoestrogen adalah salah satu hal yang sangat dibutuhkan oleh wanita terutama untuk mempertahankan kualitas hidup mereka ketika usia tua. Ketika wanita memasuki masa menopause, tubuh tidak lagi membuat hormon estrogen dalam jumlah yang tercukupi, hingga mengalami kecenderungan  kemunduran fisik, termasuk untuk kulit keriput lebih cepat serta tulang menjadi rapuh dan mudah patah. Bengkuang merupakan buah yang di dalamnya memiliki kandungan estrogen, dan baik bagi wanita yang telah memasuki masa menopause. Sehingga dengan demikian keluhan umum pada masa menopause mampu dihindari.

6 . Dapat menurunkan tingkat kolesterol darah

Terapi dengan jus bengkuang juga mampu di manfaat kan untuk menurunkan kolesterol darah. Hal ini dikarenakan adanya kandungan air dan serat yang tergolong tinggi. Selain serat dan kadar air yang tinggi, komposisi vitamin c dalam bengkuang juga berfungsi dan bermanfaat sebagai antioksidan yang mampu membantu pengurangan kadar kolesterol.

7 . Mengurangi pembuatan asam lambung

Ahli naturopathic memberi saran untuk memakan bengkuang.  Sifat umbi inilah yang dingin dan alkali, sehingga lebih cepat dalam menyerap asam lambung yang berlebih .

8 . Menjaga sistem kekebalan tubuh

Kandungna vitamin c dan beberapa fitonutrien di dalam bengkuang , ternyata mampu meningkatkan serta menjaga sistem kekebalan tubuh. Sehingga relatif  mampu terhindar dari agresi aneka macam infeksi dan penyakit yang dikarenakan virus, bakteri dan mikroorganisme lainnya.

Manfaat Buah Bengkoang untuk Kecantikan

Nutrisi yang terdapat dalam bengkuang juga mampu digunakan untuk bahan yang baik untuk kecantikan. Tidak mengherankan kalau saat ini bengkuang banyak dimanfaatkan untuk bahan membuat aneka macam krim dan lotion tubuh. Salah satu cara tradisional perawatan keindahan dan kecantikan wajah dengan dibuat masker wajah. Caranya mudah, bengkoang diparut dan selanjutnya tumbuk sedikit sebelum mengoleskannya di wajah dengan menggosoknya sebentar dengan gerakan memutar. Manfaat yang akan didapat yaitu melindungi kulit wajah dari panas matahari. Ia juga dapat mencerahkan kulit wajah secara alami. Selain itu ia juga membantu membersihkan bintik-bintik hitam pada wajah. Selain itu, masker yang terbuat dari bengkuang akan meredakan atau mengempiskan jerawat dan membantu mengurangi bekas luka hasil jerawat.

1. Bengkuan mampu mencerahkan kulit

Kandungan sari pati bengkoang dapat di jadikan masker yang dimanfaatkan untuk mencerahkan wajah. menghilangkan noda-noda kusam maupun noda-noda gelap pada wajah. cara menerima sari pati bengkoang artinya dengan bengkoang di kupas, di cuci sampai bersih, di parut, peras airnya, setelah itu tunggu air perasan itu sampai mengendap. dan hasil dari endapan itulah yang disebut sari pati bengkoang. bisa anda gunakan pribadi sebagai masker wajah, juga bisa anda endap kan dan di jemur agar kering, sesampai bisa di gunakan pada lain waktu.

gunakan masker bengkoang ini pada malam hari, menjelang waktu tidur. dan keesokan harinya dapat di jikalaus dengan air. hal ini alasannya adalah membiarkan sari pati bengkoang terserap oleh kulit wajah, sesampai nutrisi dalam bengkoang yang di pakai untuk masker wajah bekerja secara maksimal. dan bisa anda gunakan secara teratur di malam hari, agar hasil yang di peroleh, kulit wajah dapat cerah alami.

2. Bengkoang mampu mencegah penuaan dini pada wajah

Kandungan vitamin c pada bengkoang, sangat manjur manfaatnya untuk mencegah penuaan dini pada wajah. dimana bengkoang ini dapat dimakan maupun di gunakan sebagai masker wajah. Dan untuk lebihnya, ia dapat digunakan sebagai masker di malam hari. Kandungan vitamin c di bengkoang juga melindungi kulit karena radikal bebas dari sinar matahari.

3. Merawat kulit sehingga dapat tampil sehat

Vitamin b dan vitamin c yang berpadu dengan kadar mineral di dalam kandungan bengkoang, ternyata bisa menjadikan kulit tampil sehat dan fresh. Bengkoang juga dapat dikonsumsi secara sendiri tanpa campuran maupun di juice. Tetapi tidak di tambahkan dengan menu lainnya. Atu hanya bengkoang saja, tanpa tambahan susu maupun gula. Selain itu bisa pula sebagai masker pada wajah, maupun pada kulit lainnya mirip pada lengan.

4. Melembapkan kulit

Bengkoang memiliki kandungan air yang banyak, selain itu tampil dengan rasa yang manis dan segar. Kadar air tinggi dalam bengkoang memiliki unsur anti inflamasi, ini berfungsi untuk mendinginkan kulit dari rasa kering yang menyerang kulit yang akan terjadi sinar matahari yang sangat panas. Sehinga dengan cara menggunakan bengkoang untuk masker wajah, kulit dapat tampil terhindar dari rasa kering, dan tampil segar.

Salam seputar manfaat buah bengkuang!

Add your comment