Manfaat Buah Alpukat dan Bijinya untuk Kesehatan - Seputar Manfaat

Manfaat Buah Alpukat dan Bijinya untuk Kesehatan

Manfaat Buah Alpukat - Tahukah kamu buah alpukat? Buah alpukat mrmiliki nsms lstin yaitu Persea americana. Ia merupakan tumbuhan yang memiliki buah yang lezat.  Dari namanya, Anda pasti sudah tahu menenai asl-usul buah ini, yap, tepat, dari Amerika dan Meksiko.

Pohon Alpukat dapat memiliki ketinggian hingga 20 m. Ia memiliki daun dengan panjang 12 hingga 25 cm. Untuk bunganya, ia tersembunyi dengan warna hijau kekuningan.

Alpokat masuk ke Indonesia dibawa oleh Belanda di abad ke-19. Alpokat memiliki beribu manfaat. Bijinya dapat digunakan dalam industri pakaian. Gunanya yaitu sebagai pewarna yang tidak mudah luntur. Batang pohon digunakan sebagai bahan bakar. Kulit pohonnya digunakan sebagai pewarna warna cokelat untuk produk berbahan kulit. Daging buah bisa disajikan sebagai hidangan dan bisa juga menjadi bahan dasar untuk beberapa produk kosmetik dan kecantikan.

manfaat biji alpukat

Daging buah alpukat juga bermanfaat obati sariawan dan melembabkan kulit kering. Daun alpukat bermanfaatsebagai obati kencing batu, darah tinggi, sakit kepala, nyeri saraf, nyeri lambung, saluran napas membengkak dan menstruasi yang tidak teratur. Selain sebagai pewarna, biji alpukat juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati sakit gigi dan kencing manis.

Alpukat bisa dikatakan sebagai buah yang luarbiasa, karena selain lezat rasanya, ia juga banyak memiliki manfaat bagi tujuan kesehatan. Ada beberapa pendapat yang mengatakan jika makan alpukat itu buruk karena banyak mengandung lemak, namun sebenarnya kenyataanya tidak demikian. Bahkan dengan makan alpukat justru dapat membantu kita agar merasa kenyang lebih lama, sehingga baik untuk membantu mengontrol kelebihan berat badan.

Para ahli di Loma Linda University melakukan penelitian apakah menambahkan alpukat segar untuk makan siang memiliki efek pada respon insulin, kadar gula darah, dan perasaan kenyang lebih lama. Temuan awal mereka telah menentukan,  bahwa memang ada dasar untuk dilakukan  penelitian lebih lanjut tentang manfaat makan alpukat untuk mengganti beberapa bagian makanan.

The Hass Avocado Board ( HAB ) secara finansial juga mendukung beberapa uji klinis untuk mengetahui apakah ada hubungan antara peningkatan konsumsi alpukat dan efek positif pada diabetes, pengelolaan berat badan, dan faktor risiko penyakit jantung.

Sambil menunggu hasil dari studi terbaru tentang makan alpukat, ada baiknya Anda juga tahu manfaat kesehatan dari alpukat yang sudah ditemukan :

Kandungan Buah Alpukat

    Jumlah Per 
    Kalori (kcal) 160
    Jumlah Lemak 15 g
    Lemak jenuh 2,1 g
    Lemak tak jenuh-ganda 1,8 g
    Lemak tak jenuh-tunggal 10 g
    Kolesterol 0 mg
    Sodium 7 mg
    Potasium 485 mg
    Jumlah Karbohidrat 9 g
    Serat pangan 7 g
    Gula 0,7 g
    Protein 2 g
    Vitamin A146 IUVitamin C10 mg
    Kalsium12 mgZat besi0,6 mg
    Vitamin D0 IUVitamin B60,3 mg
    Vitamin B120 µgMagnesium29 mg


Manfaat Buah Alpukat Bagi Kesehatan

Alpukat merupakan sumber folat. Folat ini sangat penting untuk perkembangan janin yang sehat. Sintetis asam folat direkomendasikan untuk semua wanita yang ingin hamil. Dengan makan buah ini, ini merupakan pilihan yang lebih enak dan alami.

Pernah dengar? Alpukat memiliki kandungan lemak yang tinggi. Info ini adalah benar. Alpukat sudah terbukti benar, alpukat memang mengandung tinggi lemak . Namun menariknya, lemak yang terkandung di dalamnya merupakan lemak tak jenuh tunggal. Lemak ini adalah dalam golonganlemak yang baik. Ia mampu membantu untuk menjaga kesehatan jantung. Membantu pula untuk menurunkan tekanan darah. Lemak baik ini juga dapat membantu membalikkan resistensi insulin.

Alpukat memiliki kandungan vitamin E yang tinggi. Vitamin ini merupakan salah satu vitamin yang penting. Ia mampu membantu menjaga kesehatan untuk keseluruhan. Ia memiliki dampak baik untuk penyakit jantung, stroke, kanker, dan katarak, serta antipenuaan.

Alpukat juga diketahui mengandung serat. Ia bermanfaat juga untuk membantu mengurangi kadar kolesterol. Serat ini juga membantu mempertahankan fungsi usus,  serta mencegah lonjakan gula dalam tubuh.

Sampai saat ini, belum ada tanaman alpukat yang direkayasa secara genetika. Alpukat mempunyai kulit tebal. Ini mengakibatkan inti buah terlindungi dari pestisida. Sehingga, alpukat ini dapat dikatakan buah organik.

Alpakat juga baik bagi otak. Ia adalah makanan otak yang sehat serta baik. Ia dapat dikonsumsi membantu serta mengurangi risiko terhadap penyakit Alzheimer. Kandungan Omega 3 dan vitamin E dengan alami terdapat dalam alpukat. Mereka terbukti secara klinis dapat hentikan laju penyakit Alzheimer.

Dengan memakan alpukat kita juga bisa meningkatkan jumlah karotenoid yang diserap dari makanan sampai 5 kali. Karotenoid termasuk beta karoten dan likopen merupakan beberapa nutrisi yang penting untuk kesehatan. Hal ini terjadi karena nutrisi dan enzim bekerja untuk mengurangi peradangan lambung serta peradangan lapisan mukosa di usus halus.

Alpukat dapat membantu mencegah stroke. Seperti yang sudah dikatakan, Alpukat memiliki kandungan folat yang tinggi. Ia juga diketahuimampu mengurangi resiko stroke. Selain itu, ia juga bisa mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Ia mampu sebanyak 17%, dengan makan alpukat selama satu minggu.

Alpukat juga mampu menjaga kesehatan mata . Dengan makan alpukat, tubuh mamou meningkatkan asupan Lutein,. Sehingga ini dapat melindungi kita dari degenerasi makula serta pembentukan katarak.

Sekian seputar manfaat buah alpukat untuk kesehatan kita. Semoga bermanfaat. Salam jus alpukat, nikmaat!

Add your comment