Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan - Seputar Manfaat

Manfaat Buah Semangka Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Semangka - Sekarang kita akan membahas mengenai manfaat buah semangka. Buah semangka merupakan salah satu buah yang mungkin selalu bisa dijumpai dengan mudahnya. Apalagi kalau kita cari di supermarket.

Dibalik kelezatan semangka, apakah anda tahu bahwa buah ini ternyata juga memiliki khasiat dan manfaat untuk kita. Ketika kita sedang kepanasan, dan kebetulan ada buah semangka, ini akan menjadi pas, karena kesegarannya akan sangat terasa di mulut dan lidah.

Khasiat Buah Semangka

Semangka memiliki nama latin Citrullus Lanatus. Semangkan juga biasa disebut dengan panggilan tembikai. Tanaman ini berasal dari afrika selatan. Ia termasuk kedalam tumbuhan merambat. Ia juga satu keluarga dengan labu-labuan, termasuk pada suku ketimun. Semangka dapat merambat sampai belasan meter. DAn seberapa pun jauhnya tanaman ini merambat dia tidak akan menghasilkan akar yang bersifat adventif.


Tahukah kamu, apa saja kandungan yang dimiliki buah semangka ini? Berikut adalah kandungan gizi buah semangka.
Kandungan Gizi Buah Semangka

  • Kalori
  • Natrium
  • Karbohidrat
  • Gula 
  • serat
  • Vitamin A, vitamin C, zat besi dan 
  • Kalsium untuk hari.


Manfaat Semangka untuk Kesehatan

Sekarang kita akan membahas dulu mengenai manfaat buah semangka di bidang kesehatan. Berikut ulasannya.

Buah yang mani dan menyegarkan ini mampu memelihara kesehatan ginjal
Ternyata, kalium yang terkandung dalam buah semangka ini dapat membantu dalam membersihkan zat-zat racun di ginjal. Ini tentu akan dapat membantu dalam proses kerja ginjal. Buah ini juga dapat mengurangi kadar asam urat dan menekan resiko pembentukan batu ginjal.

Mampu mencegah terkena sariawan
Dengan mengkonsumsi semangka,kita juga dapat mengurangi terkena sariawan. Sariawan biasa terjadi karena mungkin kita terserang oleh bakteri yang berkembang biak baik di rongga mulut yang kering. Dengan mengkonsumsi buah ini, kita akan mendapatkan air dan vitamin yang berguna dalam mengurangi perkembangan bekteri di mulut.

Untuk menghindari penyakit hipertensi dan stroke
Buah semangka juga memiliki kandungan zay karetenoid yang mampu mengatasi pengerasan dinding pembuluh arteri dan vena. Pengerasan dinding arteri dan vena dapat menyebabkan terjadinya hipertensi atau darah tinggi. Dan kandungan kaliumnya juga mampu berperan dalam menurunkan tekanan darah darah.

Berguna untuk anti inflamasi dan Antioksidan
Semangka juga memiliki banyak kandungan senyawa fenolik yaitu misalnya seperti flavonoid, karotenoid, dan triterpenoid. Karotenoid  bermanfaat dalam mengurangi peradangan serta menetralisir radikal bebas. Triterpenoid memberikan efek anti inflamasi dengan menghambat aktivitas enzim yang biasanya menyebabkan peningkatan inflamasi. Semangka yang sudah matang mengandung jumlah senyawa fenolik yang lebih tinggi. Sehingga pilihlah buah semangka yang sudah matang ya untuk mendapatkan manfaat yang lebih.

Mengatasi otot nyeri
Semangka juga dapat mengurangi nyeri otot serta mengefektifkan waktu dalam pemulihan setelah latihan untuk atlet.

Sebagai obat kuat alami
Seorang pria yang mengkonsumsi buah semangka dapat mengurangi serta mengobati impoten. Ini sesuai hasil penelitian yang dilakukan oleh Dr. Bhimu Patil, direktur Texas A&M’s Fruit and Vegetable Improvement Center di College Station.

Manfaat Buah Semangka Untuk Kecantikan

Buah semangka tak hanya memiliki manfaat untuk kesehatan saja, namun ternyata buah semangka ini juga memiliki manfaat kecantikan.

Semangka berfungsi sebagai anti penuaan
Nutrisi dalam buah semangka, misalnya seperti likopen, vitamin A dan vitamin C, mampu menagkal radikal bebas yang dapat menyerang kulit. Pancaran dari sinar matahari secara langsung ke kulit, dapat menimbulkan garis-garis halus. Zat antioksidan ini membantu memerangi radikal bebas.

Semangka dapat membantu dalam menjaga kelembapan kulit
Apabila kamu memiliki kulit kering, semangka mungkin dapat dijadikan sebagai cara alternatif untuk mengatasi masalah tersebut. Ini karena kadar air dalam buah semangka tergolong banyak. Sehingga ia juga dapat menjaga tubuh dari dehidrasi atau kekurangan air. Manfaat seperti inijuga dimiliki oleh buah mentimun.

Membantu dalam mengurangi minyak pada wajah
Pori-pori kulit wajah yang berukuran lebih besar ini dapat membuat kelenjar minyak bersekresi lebih banyak. Dengan kandungan Vitamin A dalam buah semangka, ia mengurangi permasalahan minyak pada wajah.

Semangka juga berguna dalam meremajakan kulit
Dengan mengubah semangka ini menjadi masker wajah, ia dapat juga meremajakan kulit yang kusam. Semangka ini baik untuk regenerasi sel-sel kulit yang sudah mati.

Efek Kebanyakan Makan Semangka

Selain berasa manis, kandungan air dalam semangka juga dapat mengakibatkan kita banyak melakukan buang air kecil. Ini akan mengganggu apabila kita sedang memiliki banyak pekerjaan. Solusinya, jangna terlalu banyak mengkonsumsi buah semangka dalam satu waktu. seputarmanfaat.com

Add your comment