Khasiat Manfaat Minyak Jinten Hitam Untuk Kesehatan - Seputar Manfaat

Khasiat Manfaat Minyak Jinten Hitam Untuk Kesehatan

Manfaat jinten hitam sudah sedari dulu memang diyakini memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh kita. Nama dari herbal ini merupakan habbatussauda. Sebagai umat muslim, jinten hitam atau habbatusauda ini penggunaannya sudah dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.  Mungkin hampir lebih dari 20 abad yang lalu, berbagai negara bagian di timur tengah sudah menggunakan jinten hitam ini sebagai media penyembuhan dan pengobatan. Di bidang pendidikan/akademis, tanaman obat jinten hitam sudah diteliti dan penelitian tersebut juga membenarkan mengenai beragamnya manfaat jinten hitam.

Yang diambil dari tanaman jinten hitam yaitu bijinya. Dan biji jinten hitam merupakan satu dari sekian banyak rempah-rempah yang memiliki sifat penyembuhan secara alami dan handal. Biji jinten berwarna hitam dan berbentuk tipis seperti bulan sabit. Mula-mulanya ramuan jinten hitam asalnya dari negara mesir dan negara-negara di timur tengah, beserta negara india. Jinten hitam biasanya dipakai untuk bumbu untuk berbagai jenis kuliner. Ini karena jinten hitam memang memiliki rasa yang sedikit pahit, sehingga cocok untuk menggantikan lada .

Khasiatjinten hitam

Jinten hitam sendiri tersedia dalam bentuk minyak akibat ekstraksi biji, minyaknya ini juga dengan minyak jinten hitam. Dalam bidang pengobatan, jinten hitam banyak tersedia dalam bentuk kapsul yang siap minum.

Meskipun biji jinten hitam itu kecil, ia sangat bermanfaat, hal ini karena dalam jinten hitam ada lebih dari seratus senyawa kimia. Dalam agama islam meyakini bahwa jinten hitam mengandung berbagai bahan yang dapat mengobati sepenuhnya jenis penyakit kecuali ajal yang menjemput. 

1. Mengobati jerawat
Thymoquinine adalah salah satu zat yang terkandung di dalam jinten hitam ini. Thymoquinine ini merupakan obat anti inflamasi yang efektif. Minyak jintan hitam bisa digunakan sebagai salep yang dioleskan pada permukaan jerawat yang meradang. Untuk mencegah jerawat dan menghaluskan kulit, ambil satu sendok makan minyak zaitun yang dicampur dengan setengah sendok teh minyak jintan hitam. Gosokkan pada wajah, selanjutnya cuci wajah dengan air sabun setelah satu jam.

2. Untuk obati peradangan 
Untuk mengnobati peradangan yang ada di pergelangan kaki dan sendi lain, pertama-tama ambilah satu sendok makan cuka, dua sendok madu, dan 1/2 sendok teh minyak jintan hitam. Oleskan ramuan ini sebanyak dua kali dalam sehari. Fungsinya yaitu untuk memijat bagian yang meradang.

3. Meningkatkan jumlah ASI

Jintan hitam juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan jumlah susu pada ibu yang sedang menyusui. Kombinasi unsur-unsur tertentu dan struktur hormon lipid yang terdapat di dalamnya lah yang membuatnya dapat membatu ibu dalam memproduksi ASI. Jintan hitam di dalamnya juga terkandung arginine, zat ini penting dalam pertumbuhan pada bayi. Sayangnya, belum banyak yang mengetahui keamanan dalam menggunakan biji jinten hitam ini dikala menyusui.

4. Mengatasi gangguan perut
Histamin merupakan sebuah senyawa yang dapat dilepaskan oleh sistem kekebalan tubuh. Sehingga akan mengakibatkan reaksi alergi. Senyawa crystalline nigellone yang terdapat dalam  jintan hitam memiliki protein kinase c, yaitu substansi yang dikenal dapat mengadang pelepasan histamin. Pemberian jintan hitam berguna dalam mengurangi reaksi alergi di sebagian besar penderita bronchitis, asma serta penyakit alergi yang lainnya tanpa adanya efek samping .

Bagi pengobatan asma dan alergi sendiri, caranya yaitu, ambil secangkir air hangat , tambah dengan satu sendok madu, ambil juga setengah sendok teh minyak atau bisa juga ekstrak habatussauda. Selanjutnya, bahan-bahan tersebut kita campur dan minum di setiap pagi hari sebelum sarapan maupun setelah makan malam. Sebaiknya hindari makanan yang dingin serta membawa alergen .

5. Habatussauda untuk mengobati kanker
Asam lemak yang terkandung dalam jintan hitam dapat mengadang perkembangan kanker. Jintan hitam berkebisaan menstimulasi produktivitas dan imunitas sel tulang sumsum, serta  pembuatan interferon, melindungi sel-sel tata caral, dan melawan sel tumor tanpa merusak sel-sel yang sehat .

Untuk pengobatan kanker, campurkan satu gelas jus anggur dan setengah sendok teh minyak habbatussauda. Minum sebanyak tiga kali sehari. Pengobatan mungkin bisa berpribadi selama empat puluh hari. Selain itu, anda juga dapat menggosok minyak jintan hitam pada tubuh yang terkena kanker selama dua minggu.

6. Gangguan pencernaan
Jintan hitam efektif dalam melawan bakteri yang dikenal sangat tahan terhadap obat-obatan, seperti bakteri yang dapat menyebabkan kolera, e. Coli, dan shigella spp. Sehingga inilah yang membuat jintan hitam dapat dimanfaatkan dalam mengobati gangguan sistem pencernaan yang diakibatkan oleh infeksi bakteri seperti penyakit perut, dispepsia, diare, dan muntaber .

Cara mengobati gangguan pencernaan yaitu, pertama ambil bahannya :  1/2 sendok teh minyak/ekstrak jintan hitam dan 1 cangkir susu. Campurlah kedua bahan tersebut. Campuran tersebut kita minum dua kali sehari. Bisa ditambah dengan 1 sendok teh bubuk jahe.

Add your comment