9 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan Manusia - Seputar Manfaat

9 Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan Manusia

Manfaat Kayu Manis - Salah satu tanaman yang menghasilkan aroma manis dan sedap yaitu kayu manis. Kayu manis ini merupakan salah satu bahan rempah-rempah asli indonesia. Sayangnya kayu manis ini tidak dapat tumbuh di berbagai tempat di Indonesia, namun hanya beberapa saja. Kayu manis ini sering digunakan di berbagai olahan makanan dan minuman.

Manfaat kayu manis amatlah banyak. Ini karena di dalam kayu manis, terkandung banyak senyawa-senyawa atau zat-zat yang dapat berfungsi untuk menyembuhkan penyakit. Ia dapat digunakan sebagai obat herbal atau obat alami.

Manfaat Kayu Manis

Manfaat kayu manis untuk kuliner yaitu sebagai penambah aroma untuk makanan.  Namun bukan itu saja, manfaat kayu manis juga bisa untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat kayu manis :

1. Manfaat kayu manis dalam mencegah penggumpalan darah
Kayu manis bisa menghasilkan minyak. Minyak yang dihasilkan oleh kayu manis memiliki kegunaan dalam mencegah adanya penggumpalan darah.

Senyawa cinnamaldehyde lah yang dapat mencegah penggumpalan pada darah. Dimana kayu manis mengeluarkan sebuah zat yang diberi nama asam lemak anti peradangan atau bisa juga disebut dengan arachidonic. Ia berfungsi dalam mengurangi penggumpalan darah serta radang. Apabila sirkulasi darah lancar, proses performa tubuh dapat berjalan lancar. Dan jika dibiarkan, maka ini akan terjadi penggumpalan darah, sehingga menghasilkan penyakit yang lebih serius lagi. dengan memakan kayu manis bisa mencegahnya, daripada harus menyembuhkan nantinya.

Kayu manis bisa membantu dalam menyeimbangkan hormon, pada wanita, kayu manis bisa meningkatkan hormon progesteron.

2. Sebagai anti bakteri
Manfaat kayu manis juga bisa untuk mencegah dari pertumbuhan jamur. Ini artinya, kayu manis dapat dimanfaatkan sebagai sebagai bahan pengawet alami.

Selain itu. Berbagai bakteri di lingkungan sekitar, apakah itu bakteri jahat maupun baik. Sehingga tubuh kita harus siap jika bakteri jahat menyerang tubuh. Namun, tidak semua bagian tubuh memiliki sistem kekebalan yang sama. Salah satu cara untuk mencegah terserangnya bakteri jahat ini, kita bisa menggunakan kayu manis. Kita bisa melakukan penyeduhan air minum, misalnya kita jadikan teh maupun dicampur jahe. Dengan campuran jahe dan kayu manis ini sangat efektif bagi tubuh kita.

3. Digunakan dalam mengontrol gula darah
Kandungan dari antioksidan di dalam kayu manis, dapat juga dalam membantu mengontrol kadar gula darah. Seperti hanya hormon insulin dan perbaikan sistem pencernaan. Dalam satu gram, ia sudah mampu menurunkan kadar gula dalam darah secara baik. Dalam kayu manis ini terdapat kandungan yang bisa membasmi kolesterol jahat. Kolesterol jahat bisa lebih banyak keberadaannya di dalam tubuh daripada kolesterol baik. Hal ini bisa kita mengatasinya dengan memakan kayu manis.

4. Kayu manis dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung
Selain bisa mengontrol kadar gula dalam darah, kayu manis bermanfaat juga dalam menurunkan tingkat resiko kena penyakit jantung. Carnya yaitu cukup mengkonsiumsi kayu manis secara teratur.

5. Dapat meningkatkan fungsi otak
Kayu manis memiliki bau yang manis dan khas. Baunya ini ternyata juga berguna untuk meningkatkan fungsi otak.

6. Manfaat kayu manis dapat menurunkan kolesterol
Kayu manis bermanfaat juga untuk melancarkan pencernaan. Ini karena iamengandung serat, mineral, mangan dan kalsium. Kandungan ini juga memiliki kegunaan lain. Yaitu sebagai penurun kolesterol berlebih.


7. Mengatasi penyakit jantung
komposisi anti inflamasi yang terkandung di dalam kayu manis, efektif pula untuk pencegahan penyakit jantung. komposisi tersebut mampu melindungi jantung dari bakteri maupun infeksi yang bisa mengganggu. dimana penyakit ini bisa tubuh dan kambuh tanpa tanda-tanda terlebih dahulu. banyak dari mereka mengetahui bahwa dia menderita jantung, tanpa alasannya adalah yang sempurna meskipun telah aktif berolah raga.


6. Menghangatkan tubuh

kayu manis dipercaya bisa menghangatkan tubuh, terutama di demam isu dingin. bahkan pada zaman dahulu para penjajah mendatangi indonesia, untuk mencari rempah-rempah, dan dibawa pulang ke negaranya untuk menghangatkan tubuh. karena komposisi yang terbisa di kayu manis, bisa membuat tubuh merasa hangat nan nyaman. bahkan kayu manis biasa di gunakan sebagai obat tradisional di negara china, pada penderita influenza maupun demam. bagi penderita demam dan terserang flu juga, konsumsi kayu manis bisa membantu mengatasi flu. meskipun flu itu sudah biasa bagi kalangan masyminuman memabukanat, apalagi di demam isu panca roma, tetapi flu itu menunjukkan rasa yang tidak nyaman. tentunya anda mampu menggunakan kayu manis sebagai ramuan alami untuk menyembuhkan. dengan adanya komposisi anti inflamasi, sesampai bisa melancarkan sirkulasi sirkulasi darah dalam tubuh.

7. Mampu mencegah dan menyembuhkan diabetes
Manfaat kayu manis yang lainnya yaitu untuk mengatasi diabetes. Dengan konsumsi kayu manis secara kontinyu, ia bisa mengontrol kadar gula dalam darah sehingga meningkatkan respon insulin.

Kayu manis juga dapat menurunkan rasa sakit saat haid, dapat menghalangi pertumbuhan bakteri, mampu mencegah terjangkitnya penyakit alzheimer.

8. Sebagai sumber serat dan mineral
Serat dan juga mineral sangat dibutuhkan tubuh dalam memenuhi kebutuhan nutrisi. Kandungan serat serta mineral ini bisa didapatkandengan mengkonsumsi kayu manis. Tidak hanya itu, kayu manis di juga mengandung zat besi serta mangan. Jumlahnya tidak terlalu banyak, namun bisa untuk menopang kebutuhan.


9. Manfaat kayu manis untuk mengurangi penyakit rematik
rasa sakit yang diderita saat terkena rematik, merang menyakitkan. Penderita rematik belum pulih dengan pengobatan biasa, kita bisa gunakan kayu manis untuk alternatifnya. Caranya yaitu dengan  memakan kayu manis secara teratur. Sehingga nyeri rematik dapat dihilangkan.

Sekian artikel menganai manfaat kayu manis. Semoga bermanfaat.

Add your comment