Buah Tomat Sangat Kaya Akan Manfaat - Seputar Manfaat

Buah Tomat Sangat Kaya Akan Manfaat

Manfaat Tomat - Tomat biasanya dijadikan sebagai bahan masakan oleh ibu-ibu. Warnanya merah menyala. Semua orang tahu buah tomat ini. Banyak pula yang suka memakan tomat mentah lho. Walau sering dijadikan sebagai campuran sop maupun makanan lainnya, trnyata tomat ini juga merupakan anggota buah-buahan. Apakah kamu tahu manfaat tomat ini? Belum? Yuk simat artikel berikut ini.


Tomat mengandung banyak nutrisi yang diperlukan tubuh. Walaupun begitu harga tomat terbilang murah meriah. Fakta dari buah tomat ini,  buah inin merupakan sumber vitamin A, C, K, kalium, folat, thiamin, niacin, vitamin B6, magnesium, fosfor, tembaga serta rendah sodium, lemak jenuh, kalori dan kolesterol. Jadi wajarkan jika tomat mampu memberikan sejuta manfaat dan menjadi  buah biasa dikonsumsi sehari-hari.

Profesor Tjandra Yoga Aditama, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan menyebutkan nutrisi yang terkandung dalam tomat sangat bermanfaat misalnya, menurunkan kolesterol, mencegah kanker. Penelitian terakhir menyebutkan bahwa tomat ini mampu mengobati gangguan syaraf.

Tomat juga bisa melindungi sistem jantung serta pembuluh darah. Ini karena ia menurunkan kadar kolesterol secara total. Pengaruhnya yaitu pada kadar kolesterol baik dan trigliserida. Tomat juga banyak mengandung vitamin A yang diperlukan bukan untuk mata saja. Tomat ini juga baik dimakan sewaktu mentah. Bahkan bagus untuk saluran pencernaan.

Prof Dr dr Nila Moeloek, SpM(K)  selaku Menteri Kesehatan menyarankan masyarakat untuk memakan tomat produksi dalam negeri. Selain kita dapat memetik manfaat yang terkandung tomat ini, petani lokal juga akan diuntungkan tentunya.

Berikut adalah bermacam-macam manfaat dari tomat.

1. Mampu kurangi kadar lemak

Lemak merupakan faktor pemicu darah tinggi dan membuat berat badan naik. Kita bisa mengurangi lemak ini dengan cara berolahraga serta megubah pola makan. Kita juga bisa lho, makan tomat sebelum latihan atau olahraga fisik. Karena tomat mengandung nutrisi berupa protein, karbohidrat, dan kalori ini merupakan nutrisi penting untuk masalah berat badan. Untuk olahraganya bisa berupa gym maupun yang lainnya.

2. Membentuk otot tubuh

Ini mungkin adalah masalah bagi kaum hawa yang tak memiliki otot kekar. Ia akan sulit dapat perhatian dari si cewek. Tomat ini adalah solusinya. Kenapa? Ini karena tomat mengandung banyak protein. Yang wajib kita ketahui yaitu bahwa protein merupakan zat yang membangun. Maksudnya, protein berguna untuk merombak otot yang rusak dan menggantinya dengan yang baru.

3. Dapat cegah kanker

Tomat juga mengandung antioksidan di dalamnya. Antioksidan ini bermanfaat untuk menangani penyakit berat seperti kanker payudara, usus besar, dan paru-paru.

Pernyataan tersebut merupakan simpulan hasil studi yang dimuat di Journal of the National Cancer Institute bahwasanya terdapat hubungan antara konsumsi tomat dengan penurunan risiko kanker. Di mana dari 72 penelitian, terdapat 52 penelitian yang menyatakan bahwa konsumsi tomat dengan jumlah tepat dan cukup dapat menurunkan risiko kanker pankreas, payudara, usus besar (pencernaan), juga leher rahim.

4. Mampu menangkal radikal bebas

Ahli medis mengatakan bahwa flavonoid dan zea-xanthin yang terkandung didalamnya, mampu dalam menangkal radikal bebas. Keduanya ini merupakan senyawa antioksidan yang terbanyak dikandung oleh tomat.

5. Menjaga gigi dan tulang agar tetap kuat serta sehat

Tomat juga bisa berperan sebagai penyuplai kalsium. Kalsium ini memiliki fungsi untuk memelihara tulang agar tidak mudah keropos dan juga menguatkan gigi serta menjaganya tetap sehat.

Disaat pembentukan tulang, kalsium sangat dibutuhkan untuk mendapat hasil lebih sempurna.

6. Mengatur kolesterol yang menyebabkan tekanan darah tinggi (hipertensi)

Ada dua jenis kolesterol, yaitu baik dan jahat. Agar tubuh sehat, maka jumlah kolesterol baik harus lebih banyak dibanding kolesterol jahat. Jika kolesterol merajai tubuh kit, maka mpenyakit hipertensi akan menyerang kita.

Tomat adalah pilihan untuk mengatasi masalah ini. Mineral yang terkandung didalamnya mampu mengatur jumlah kolesterol dalam tubuh.

7. Mampu sehatkan mata

Tomat juga mengandung vitamin A didalamnya. Vitamin Ayang terkandung ini mampu menyehatkan mata. Selain itu, sejumlah nutrisi seperti niacin, thiamine, dan asam folat. Nutrisi ini satu sama lain bekerja sama untuk menyembuhkan gangguan kesehatan mata.

8. Membuat jantung menjadi stabil

Di dalam sepotong tomat terdapat setidaknya ada 235 mg kalium. Kalium berguna untuk mengiontrol denyut jantung untuk memompa darah serta membuat jantung bekerja dengan stabil.

Sekian informasi mengenai manfaat tomat. Sampai juma di artikel lainnya.

Add your comment