Manfaat Serai Untuk Kesehatan - Seputar Manfaat

Manfaat Serai Untuk Kesehatan

Manfaat Serai Untuk Kesehatan - Ibu rumah tangga mana yang tak kenal dengan serai? Pastinya semua ibu-ibu yang suka masak di dapur hampir tahu semua. Karena para wanita memasak pasti sering menggunakan bahan serai ini. 

Serai juga sering dikenal dengan nama lain sereh. Sedangkan untuk nama ilmuah serai yaitu Cymbopogon citratus. Tumbuhan serai merupakan tumbuhan anggota suku rumput-rumputan yang biasa dimanfaatkan untuk bumbu dapur. Serai ini memiliki manfaat untuk mengharumkan makanan.

 Manfaat Serai Untuk Kesehatan


Minyak serai merupakan minyak atsiri yang diperoleh dari proses penyulingan bagian atas tumbuhan tersebut. Minyak serai dapat dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk. Untuk mengusir nyamuk bisa digunakan baik tanaman maupun minyaknya. Kandungan serai antara lain yaitu sitronela. Sitronela ini merupakan kandungan yang tidak disukai nyamuk. Oleh karena itu, tanaman serai dapat dibuat menjadi obat nyamuk dan serangga lainnya. Penggunaan Serai biasanya untuk pengharum makanan dan juga penyedap rasa.

 Manfaat Serai Untuk Kesehatan


Dalam sebuah penelitian, daun serai disebutkan memiliki kandungan zat anti-mikroba dan anti-bakteri. Kandungannya tersebut sangat bermanfaat untuk mengobati infeksi lambung, usus, saluran kandung kemih, dan daun serai juga dapat menyembuhkan luka. Tak sekedar itu saja, Manfaat serai masih banyak yang lainya, misalnya seperti untuk pereda kejang, anti-reumatik, dan bersifat diuretik.

Selain itu, kandungan analgesik dalam Serai juga dapat berperan untuk membantu menghilangkan rasa sakit akibat sakit kepala, nyeri otot maupun nyeri sendi. Belakangan, Serai juga banyak dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti infeksi kulit, tipus, keracunan makanan, dan juga meredakan bau badan.

Serai memiliki bau seperti lemon, namun rasa serai lebih ringan dan manis. Serai sering digunakan dalam berbagai masakan Asia sebagai penyedap karena rasa kuat nya.

Serai memiliki berbagai kandungan yang bergizi, kandunfgan serai diantaranya adalah vitamin A, B, dan C, folat, asam folat, magnesium, seng, tembaga, besi, kalium, fosfor, kalsium dan mangan. Serai selain digunakan di bidang kuliner, serai juga dimanfaatkan di bidang kesehatan. 

Tanaman serai memiliki sifat obat yang banyak menguntungkan termasuk analgesik, anti-inflamasi, antidepresan, antipiretik, antiseptik, antibakteri, antijamur, zat, karminatif, diuretik, obat penurun panas, galactogogue, insektisida, obat penenang, dan sifat anti-kanker. Daun, batang dan umbi serai digunakan dalam berbagai pengobatan.

serai segar dan kering yang tersedia di pasar. Anda juga bisa mendapatkan sereh minyak esensial dan suplemen.

Serai jika di paling sering dimanfaatkan untuk kesehatan paling sering dijadikan teh serai. Anda dapat menyeduh teh dengan seduhan satu sendok teh serai segar atau kering dalam secangkir air panas selama 10 menit. Saring, dan selanjutnya tambahkan gula pemanis. 

Manfaat Serai Untuk Kesehatan

Berikut adalah 10 manfaat kesehatan dari sereh.

1. Manfaat Serai Dapat Membantu Pencernaan

Tanaman serai dapat membuat pencernaan menjadi lebih sehat. Hal ini dikarenakan serai memiliki senyawa antiseptik yang efektif membunuh bakteri jahat dan parasit dalam saluran pencernaan. Selain itu, ia juga membantu bakteri baik kembali dalam usus besar.

Serai dapat membantu mengobati masalah kesehatan seputar pencernaan seperti gangguan pencernaan, sembelit, mulas, diare, kembung, perut kembung, kejang perut, muntah dan kram. Ditambah lagi, serai memiliki sifat antimikroba yang membantu meringankan gastroenteritis.

Untuk saluran pencernaan yang sehat, Anda bisa meminum teh yang terbuat dari serai secara teratur. Teh serai tidak dianjurkan untuk anak-anak kecil.

2. Manfaat Serai Untuk Mengontrol Tingkat Kolesterol

Serai bermanfaat juga sebagai anti-kolesterol dan anti-aterosklerosis. Sehingga serai membantu mengurangi penyerapan kolesterol dari usus. Ditamabh lagi, membantu dalam oksidasi LDL dalam darah, yang pada akhirnya membantu mencegah penumpukan plak aterosklerosis.

Sebuah studi pada tahun 1989 oleh University of Wisconsin menemukan bahwa orang dengan kolesterol tinggi yang mengambil kapsul 140 miligram minyak sereh setiap hari melihat penurunan kadar kolesterol. Selain itu, mereka juga mengalami penurunan yang signifikan lemak dalam darah.

Kandungan kalium yang tinggi dalam serai juga bertindak untuk menurunkan dan mengatur tekanan darah.

Cara mendapatkan kasiat ini, cukup minum secangkir teh serai setiap hari untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi tekanan darah. 

3. Manfaat Serai Untuk Membersihkan dan mendetoksifikasi

Konsumsi teh serai secara rutin dapat membantu membersihkan dan detoksifikasi tubuh. Serai memiliki kandungan diuretik yang mampu membantu mengeluarkan racun, asam urat dan kolesterol jahat dari tubuh dengan meningkatkan frekuensi dan kuantitas buang air kecil. Selan itu, beuang air kencing sendiri bemanfaat untuk membantu membersihkan ginjal.

Sifat pembersihan dari teh serai merupakan ramuan herbal yang memurnikan hati, ginjal, kandung kemih dan pankreas. Serai juga berperan sebagai kunci dalam meningkatkan sirkulasi darah. Ini adalah yang penting untuk kesehatan secara keseluruhan.

Minum teh serai secara rutinakan membantu tubuh Anda untuk menyingkirkan zat-zat berbahaya.

4. Manfaat Serai Untuk Menyembuhkan Pilek dan Flu

Serai memiliki peran sebagai antibakteri dan antijamur yang dapat membantu dalam mengatasi batuk, demam dan juga gejala flu lainnya. Serai juga kaya akan kandungan vitamin C yang berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi.

Penggunaan minyak serai dapat berperan dalam menghilangkan rasa sakit pada otot dan sendi, serta sakit kepala akibat pilek atau flu. Serai dapat efektif dalam mogok lendir dan dahak penumpukan, yang dapat meringankan masalah pernapasan. Hal ini terutama bermanfaat bila menderita bronkitis atau asma.

Cara membaut minuman / teh serai


  • Rebus beberapa helai serai segar, dua atau tiga siung, sepotong kecil kayu manis, satu sendok teh bubuk kunyit ke dalam satu cangkir susu.
  • Saring dan minum ketika air rebusan sudah dingin.
  • Minum air rebusan ini sekali sehari untuk beberapa hari.


5. Manfaat Serai Untutk Menggatasi Kanker (Melawan Kanker)

Menurut penelitian di Universitas Ben Gurion di Israel, menunjukkan bahwa teh sereh dapat membantu mengobati kanker. Sebuah kandungan serai yang disebut citral ditemukan dapat menyebabkan apoptosis pada sel kanker tanpa merusak sel sehat. Sederhananya, zat citral menyebabkan sel kanker untuk bunuh diri.

Studi lain yang terpublikasi pada tahun 2009 dalam Fundamentals jurnal Farmakologi klinis menemukan bahwa citral dalam kandungan serai mampu memperlambat pertumbuhan sel kanker payudara di laboratorium. Ada beberapa sifat antioksidan di serai yang membantu menurunkan risiko kanker dengan memerangi radikal bebas.

6. Manfaat Serai Untuk Mengurangi Nyeri Arthritis

Kandungan anti-inflamasi dan sifat penghilang rasa sakit dalam serai berguna dalam membantu mengatasi radang sendi, rematik, osteoarthritis, encok dan jenis lain dari nyeri sendi. Sifat anti-inflamasi membantu menekan aktivitas siklooksigenase-2, enzim yang terlibat dalam peradangan yang menyebabkan nyeri, terutama di sendi.

Serai membantu dalam meringankan kejang otot atau terkilir dengan relaksasi otot-otot, yang pada akhirnya mengurangi gejala yang berhubungan dengan nyeri.

Cara Memanfaatkan Serai Untuk Mengurangi Nyeri Arthritis
  • Campurlah minyak sereh dengan minyak kelapa dengan perbandingan 1: 2 dan kemudian gosokkan ke daerah yang terkena. 
  • Biarkan selama beberapa jam sebelum membilasnya. Lakukan setiap hari ini selama beberapa minggu.
  • Anda juga bisa meminum teh serai sebanyak dua kali sehari untuk hasil terbaik.


7. Manfaat Serai Untuk Ibu Baru

Serai sangat bermanfaat bagi ibu baru yang sedang menyusui bayi mereka. Serai memiliki sifat galactogogue yang membantu meningkatkan jumlah produksi air susu ibu. Sifat antimikroba dan antibakteri yang dimiliki serai membantu bayi agar tetap sehat dan bebas dari infeksi. Ibu menyusui bisa minum 1 sampai 2 cangkir teh serai setiap hari. 

Catatan: Serai harus dihindari selama kehamilan.

8. Manfaat Serai Untuk Depresi

Sifat antidepresan pada sereh bermanfaat utnuk mengobati depresi. Sereh mengaktifkan pelepasan serotonin, zat kimia dalam otak yang memerangi depresi. Serai berguna untuk mengurangi kecemasan, meningkatkan harga diri, memberikan kepercayaan diri dan juga meningkatkan kekuatan mental.

Serai mengandung efek menenangkan pada pikiran dan tubuh. Hal ini juga membantu seseorang untuk tidur lebih baik. Cara menggunakannya yaitu dengan meminum secangkir teh serai, setiap kali Anda merasa tertekan atau memiliki suasana hati yang rendah. Teh serai akan membantu supaya tetap tenang dan sejuk.

9. Manfaat Untuk Mengurangi Bau Badan

Minyak serai yang diencerkan akan bekerja sebagai deodoran yang efektif. Bahkan, menurut para ahli kecantikan menemukan bahwa minyak serai lebih efektif daripada banyak deodoran sintetis yang tersedia di pasar.

Komponen kimia utama yang ditemukan dalam serai yaitu citral, yang merupakan senyawa aromatik. Ditambah lagi, seria memiliki sifat antimikroba dan antibakteri yang membantu mengontrol keringat berlebihan dan merusak atau menghambat mikroorganisme yang dapat menyebabkan bau badan. Selain itu, serai tidak menyebabkan iritasi pada kulit atau memperburuk alergi kulit.

10. Manfaat Serai Untuk Menjaga Kulit Sehat

Serai bermanfaat untuk kesehatan kulit Anda. Serai dapat membantu meringankan berbagai masalah kulit, misalnya dari infeksi jamur. Karena sifat antibakteri, antiseptik dan antijamur dalam serai, ia dapat membantu memperlambat pertumbuhan bakteri atau mikroba pada kulit. Hal ini pada akhirnya akan menjaga kulit bebas dari infeksi serta masalah mengurangi disebabkan infeksi bakteri atau jamur.

Serai mampu bertindak untuk memperkecil pori-pori, membatasi sekresi minyak dan membuat perusahaan kulit. Cara menggunakannya yaitu dengan mengencerkan minyak serai dengan air atau dasar lain, seperti minyak zaitun, sebelum digunakan.
  • Campurkan satu setengah cangkir serai yang baru diris ke dalam satu cangkir minyak zaitun dan panaskan itu selama lima menit.
  • Biarkan sampai dingin sebelum mengoleskannya ke kulit.


Untuk menikmati manfaat kesehatan dengan menggunakan sereh, minum 1 sampai 2 cangkir teh serai setiap hari. 

Catatan : Namun sebagai catatannya, serai tidak boleh dikonsumsisaat sedang hamil atau meminum obat.

Add your comment